ArenaLTE.com – Xiaomi Mi 5 mungkin bisa menjadi smartphone pertama yang mengimplementasikan teknologi 3D Fingerprint besutan Qualcomm. Diambil dari keterangan pers di situs resminya pada Maret 2015 lalu, Qualcomm menyebut solusi mobile security dengan nama Snapdragon Sense ID 3D fingerprint technology. Salah satu otentikasi sidik jari biometrik paling canggih saat ini.

Menurut rumor sebelumnya, Xiaomi Mi 5 digadang-gadang sebagai smarpthone pertama membenamkan Snapdragon 820, chipset tercanggih mendatang buatan Qualcomm. Bocoran ini ‘nyambung’ dengan tulisan Leaksfly di situs jejaring sosial Weibo baru-baru ini. Disebutkan bahwa Xiaomi Mi 5 juga akan menjadi smartphone pertama mengadopsi teknologi pengenalan sidik jari ultrasonic buatan Qualcomm dimana teknologi ini sudah disupport Snapdragon 820.

Qualcomm-Sense-ID-Gizmochina-Image-KKSnapdragon Sense ID merupakan solusi biometrik pada perangkat mobile paling komprehensif berbasis teknologi ultrasonik. Teknologi ini adalah langkah lebih maju dari otentikasi sidik jari tradisional yang berbasis pada sensor sentuh kapasitif. Pemakaian ultrasonik bukan hanya untuk akurasi tapi juga tak memerlukan sensor atau tombol capacitive untuk bekerja.
Baca juga: Xiaomi Mi 5 Hadir dengan Spesifikasi Gahar, Fitur Melimpah, Harga Ramah

Teknologi Snapdragon Sense ID juga memungkinkan sensor mampu membuat peta dan mengenali sidik jari pengguna bahkan hingga ke ukuran mikro permukaan kulit, termasuk bekerja untuk jari yang basah dan kotor. Dapat digunakan pada material yang berbeda seperti plastik, metal, dan bahkan bahan kaca. Jadi bisa disimpan di mana saja pada sebuah smartphone. Hasilnya pun diklaim lebih akurat dan konsisten.

Xiaomi Mi 5 disinyalir menyematkan display seluas 5,3 inci dengan resolusi 1440×2560 piksel alias kerapatan pikselnya mencapau 554 ppi. Sebagai tandem dapur pacunya, smartphone tersebut akan menanamkan GPU Adreno 530. RAM yang bakal dibenamkan sendiri kabarnya mencapai 4GB dengan dukungan memori internal 16GB/64GB tanpa slot microSD.

Perusahaan juga diprediksi menyiapkan kamera utama 16 MP dengan dual LED. Beberapa fasilitas lain yang diperkirakan akan menyisip dalam smartphone ini antara lain USB Type-C, baterai berkapasitas 3030 mAH serta sistem operasi Android terbaru yang dikombinasi tampilan antarmuka MIUI 7.