ArenaLTE.com – Pengguna aktif harian Facebook terus melejit dari waktu ke waktu. Laporan terbaru Facebook mencatatkan jika pada kuartal ketiga 2016, pihaknya mampu menambah pengguna aktif harian menjadi rata-rata 1,18 miliar orang.

Bersumber dari laporan pendapatannya di kuartal ketiga pada tahun 2016, Facebook juga mengungkap sejumlah highlight. Antara lain, mereka menyebut jika Pengguna Aktif Harian atau Daily Active Users (DAUs) – rata-rata 1,18 miliar orang menggunakan Facebook setiap hari, naik 17% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara Pengguna Aktif Harian di Mobile atau Mobile DAUs, menurut data per 30 September 2016, rata–rata mencapai 1,09 miliar, naik sebesar 22% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dan, Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly Active Users (MAUs) – 1,79 miliar pengguna kini mengakses Facebook setiap bulan, naik sebesar 16% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pengguna Aktif Bulanan di Mobile atau Mobile MAUs – menurut data per tanggal 30 September 2016, 1,66 miliar pengguna mengakses Facebook di mobile, naik sebesar 20% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Lebih jauh, mulai terungkap jika Facebook kini semakin memprioritaskan video melalui beberapa aplikasi Facebook dan Instagram untuk memberikan kemudahan bagi orang-orang dalam mengekspresikan dirinya dengan cara yang lebih beragam.

Sejak bulan Mei, jumlah pengguna yang menggunakan Live telah bertambah sebanyak empat kali lipat – orang–orang sudah melakukan Live dari tujuh benua di dunia. Instagram Stories yang merupakan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk berbagi momen kehidupan mereka setiap hari melalui foto dan video yang muncul dalam format slideshow dan kemudian hilang setelah 24 jam. Stories kini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian.

Data lain yang dirilis Facebook untuk kuartal ketiga 2016 antara lain Instagram memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan dan 300 juta pengguna yang mengakses Instagram setiap harinya. Juga terdapat 33.000 bots yang sudah live di Messenger.

Facebook juga meluncurkan Messenger Lite yang dirancang untuk membuat proses pengiriman pesan menjadi lebih mudah dan cepat untuk berbagai jenis ponsel Android serta pengguna yang berada di jaringan internet yang relatif lambat.

Tak ketinggalan, Facebook merilis Workplace untuk membantu organisasi semakin terhubung dan lebih produktif. Kini terdapat 1,5 juta bisnis telah menggunakan Instagram Businesss Profiles. Serta lebih dari 85% Facebook Pages sangat aktif di mobile, oleh karena itu, Facebook senantiasa memberi kemudahan bagi pengiklan untuk membuat kampanye mereka melalui ponsel.