ArenaLTE.com – WeChat, aplikasi instant messaging lintas platform asal Cina, telah meluncurkan layanan pembayaran yang diberi label WePay di Hong Kong. WePay berjalan layaknya mobile wallet, memungkinkan pengguna WeChat untuk menghubungkan kartu kredit berbasis Visa atau Master Card dengan akun pelanggan WeChat. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran atas suatu produk dan layanan tanpa harus keluar dari aplikasi WeChat.

Untuk menggunakannya, pertama pengguna akan diminta untuk membuat PIN (personal identifikacation number) sebanyak enam digit. Sebagai kampanye awal, WeChat telah menggandeng mitra pedagang lokal untuk menawarkan aneka promosi eksklusif di Hong Kong. “Kami sangat bersemangat untuk membawa WeChat Pay, pengalaman mobile baru yang memungkinkan pengguna untuk membayar di mana saja dengan cara sederhana,” ujar Norman Tam, head of the Hong Kong and Taiwan office of WeChat, dikutip dari Telecomasia.net.

wechat
Lionel Messi, Brand ambassador WeChat

Mobile wallet saat ini mendukung pembayaran tiket, jasa transportasi dan produk wisata, dan banyak produk dan layanan kategori lainnya akan ditambahkan segera. Sebelum di Hong Kong, WeChat telah menghadirkan layanan serupa di Afrika Selatan. Fitur ini dapat digunakan untuk pembayaran atau penarikan uang. Tencent, developer WeChat, menjalin kerja sama dengan Standard Bank dan sejumlah retailer seperti SPAR, SPAR Tops, dan Cambridge Food Stores.

Untuk menggunakan WeChat Wallet, pengguna hanya perlu membuka aplikasi WeChat, kemudian klik tombol Me, dan pilih Wallet. Hanya pengguna berusia 16 tahun ke atas yang dapat menggunakan fitur ini dengan perangkat iOS dan Android.