Update Aplikasi Bantu Perbaikan Sistem Keamanan Perangkat

ArenaLTE.com - Keberadaan sebuah program perangkat lunak yang sempurna sangatlah kecil – akan selalu ada kemungkinan bahwa kode software memiliki kesalahan yang tak terduga, termasuk kemungkinkan program dapat dipergunakan untuk kepentingan lain. Pembaharuan sistem atau update aplikasi adalah hal yang harus dan sebaiknya diperhatikan pengguna, karena hal tersebut untuk menutup celah kerentanan.

Update aplikasi adalah langkah pengamanan sebuah aplikasi dan sistem komputasi, maka semakin aktif pula aktivitas penjahat siber dalam mencari celah kerentanan dari aplikasi tersebut, misalnya, memungkinkan malware masuk ke dalam perangkat tanpa sepengetahuan pengguna. Sepanjang tahun 2016, Kaspersky Lab berhasil mendeteksi lebih dari empat juta eksploitasi yang menggunakan kerentanan dalam aplikasi populer dan sistem operasi.

Kaspersky Lab secara resmi merilis Kaspersky Software Updater – sebuah aplikasi gratis, diperuntukkan bagi komputer dengan sistem operasi Windows, yang mampu memperbarui perangkat lunak dengan mudah dan cepat sehingga menghilangkan celah keamanan potensial sebelum penjahat siber mengeksploitasi data-data dalam perangkat.
 

Baca :
Bahaya, Tingkat Pengetahuan Keamanan Cyber di Asia Rendah Lho!
Penjahat Cyber Raup Pendapatan Hingga Rp650 Juta Per Hari dari Jenis Trojan Baru Ini


Hadirnya Kaspersky Software Updater diharapkan dapat membantu pengguna untuk mengatasi permasalahan ini. Dalam pembuatannya, perusahaan juga mempertimbangkan aspek kenyamanan dan keselamatan pengguna. Aplikasi gratis ini telah lulus pengujian beta, di mana jumlah pengguna telah mencapai lebih dari 800.000 pengguna. Melalui pengujian ini, perusahaan kini meluncurkan versi resmi dari aplikasi.

Solusi Kaspersky Lab bekerja dengan cara memindai program populer* dalam perangkat yang perlu untuk diperbarui, kemudian memberikan laporan kepada pemilik. Untuk pembaruan yang benar-benar penting – disebabkan kerentanan – akan ditandai secara berurutan, sehingga tidak terlewat oleh pengguna dikarenakan pembaruan lain yang sebenarnya kurang begitu penting - seperti pembaruan yang disebabkan adanya penambahan fitur-fitur baru atau kerlip kode software.

Melalui laporan ini, pengguna dapat memilih program mana saja yang ingin diperbarui, dan aplikasi secara otomatis dapat mengunduh software terbaru dari situs pengembang, menggantikan semua versi out-of-date dalam sekali tindakan. Pengguna juga bisa mendapatkan keuntungan dari pemeriksaan otomatis secara teratur atau bahkan melakukan scan secara manual.

Leave a Comment