ArenaLTE.com – Setiap harinya, ada ratusan hingga jutaan Tweet diunggah oleh pengguna. Twitter menyadari, bahwa untuk menemukan momen eksklusif yang hanya ada di Twitter tersebut tidak mudah, terutama jika pengguna belum follow akun apapun. Tapi kini pengguna tidak perlu repot lagi. Bulan ini, layanan media sosial dari San Francisco tersebut merilis Twitter Moments yang sementara ini hanya bisa diakses untuk pengguna di Amerika Serikat.

Madhu Muthukumar, Product Manager di Twitter mengungkapkan layanan baru ini bisa membantu pengguna mencari hal terbaik di Twitter semudah menekan sebuah icon, terlepas dari siapapun yang di-follow oleh pengguna. “Pengguna hanya perlu mengunjungi tab baru bertajuk Moments, di mana mereka dapat menjelajahi peristiwa yang sedang terjadi di Twitter,” ungkap Madhu yang dilansir dari blog resmi Twitter (6/10/2015).

Cara kerja Twitter Moments
Dengan menekan tab baru bergambar petir di telepon selular, pengguna akan membuka sebuah daftar peristiwa yang sedang terjadi saat itu juga. Apabila terdapat peristiwa baru lagi pada hari tersebut, Twitter akan terus memperbaharui daftarnya. Jika ingin melihat lebih banyak, pengguna juga dapat pindah ke topik lain termasuk “Entertainment” dan “Sports” untuk melihat lebih banyak peristiwa dari hari-hari sebelumnya. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan dengan Twitter Moments:

  • Saat pengguna klik sebuah Moment, mereka akan masuk ke bagian pengantar, lengkap dengan judul dan deskripsinya.
  • Pengguna dapat mengeser layar untuk melihat lebih banyak cerita; dengan beragam foto serta video, Vine, dan GIF yang terputar secara otomatis.
  • Satu kali tekan akan menampilan Tweet secara penuh; yang dapat di-Retweet, favorite, dan banyak lagi. Dua kali tekan akan melakukan favorite secara otomatis.
  • Bar di bagian bawah menunjukkan seberapa banyak cerita lain yang terkait dengan Moment tersebut.
  • Menggeser ke atas atau ke bawah akan mengabaikan Moment dan membawa pengguna kembali ke halaman petunjuk.
  • Di akhir sebuah Moment, pengguna bisa klik tombol share untuk Tweet pendapat dan membagikannya ke follower mereka.

Mengikuti Moment

Moments akan diperbaharui ketika terdapat informasi baru atau saat ada Tweet menarik yang tersedia. Pengguna akan mengetahui apabila sebuah cerita sudah diperbaharui sejak terakhir kali mereka melihatnya, ketika ada titik biru di bagian atas kanan gambar Moment tersebut.

Untuk cerita yang diperbaharui secara berkala — seperti pertandingan olahraga langsung atau acara penghargaan yang penting untuk diketahui setiap jalannya detik per detik — pengguna akan melihat pilihan untuk mengikuti momen tersebut, di mana kumpulan Tweet itu akan langsung masuk di Timeline mereka. Jadi, pengguna bisa memantau update terkini secara real time tanpa harus berpindah-pindah tab. Apabila cerita tersebut berakhir, Tweet akan hilang dari Timeline pengguna.

Saat ini, sebagian besar Moments disusun oleh tim kurasi Twitter, dan beberapa di antaranya merupakan kontribusi dari partner seperti Bleacher Report, Buzzfeed, Entertainment Weekly, Fox News, Getty Images, Mashable, MLB, NASA, New York Times, Vogue dan Washington Post. Meskipun Twitter bekerja sama dengan beberapa partner, ada rencana untuk mengembangkan tim ini menjadi lebih besar lagi kedepannya.

Sebagai permulaan, Twitter Moments akan diperkenalkan untuk pengguna Android, iPhone, dan desktop web di Amerika Serikat. Namun Tweet Moment tetap dapat dibagikan di manapun. Jadi, apabila pengguna di Indonesia menemukan tautan ke sebuah Moment dalam Tweet, DM, atau platform lainnya; mereka tetap bisa menikmati pengalaman yang sama dengan pengguna di Amerika Serikat. Twitter akan terus berusaha untuk membawa fungsi yang sama secara lengkap ke berbagai negara selama beberapa bulan mendatang.


Kredit foto: theverge.com