ArenaLTE.com – Tumblr, platform media sosial berbentuk blog pekan ini resmi meluncurkan layanan barunya yakni Tumblr Messaging. Layanan instant messaging ini dapat berjalan lintas platform, mulai dari Android, iOS dan web. Dikutip dari Theverge.com, untuk saat ini layanan instant messaging belum dapat dinikmati semua orang, pihak Tumblr akan mengedepankan pendekatan ‘viral’ terlebih dahulu untuk mengetahui tanggapan pengguna. Untuk tahap pertama ada 1.500 pengguna yang diberi akses memakai layananan chat baru ini.

Pada dasarnya semua pengguna Tumblr akan mendapat pesan tentang keberadaan layanan ini, dan rantai adopsi instant messaging ini akan dijalnkan lewat pesan berantai tersebut. Pengguna yang ingin menjajal harus memastikan punya lawan untuk diajak chat.

Untuk penyebaran secara massal, platform yang kini dimiliki oleh Yahoo! tersebut rencananya akan merilis layanan Tumblr Messaging ini secara resmi pada bulan Desember mendatang. Dalam masa awal, layanan chat ini baru menyediakan percakapan teks, kirim dan terima foto , yang mendukung format GIF, serta grup chat. Tumblr secara khusus juga menyasar pengguna di kalangan kelompok. Guna menjaga privasi, ada setting agar pengguna hanya dapat menerima pesan dari orang-orang yang diikuti (follow).

Pihak Tumblr menyangkal bahwa hadirnya layanan ini untuk menandingi Facebook Messenger dan Snapchat. Hadirnya layanan Tumblr Messaging ini lebih kepada merespon kebutuhan pengguna akan layanan yang bisa mengkomunikasikan langsung antar pengguna Tumblr.
Baca juga: Snapchat Kini Capai 6 Miliar Kunjungan Per Hari