Inilah 5 Tips Belanja Online Super Aman ala Opera

ArenaLTE.com - Bisnis online sekarang begitu merajalela di internet. Tak heran, jika kalian harus mulai memperhatikan keamanannya. Karena bisnis yang menggiurkan ini jadi sasaran empuk para penipu dan rentan kejahatan. Nah, Opera memberikan tips buat para penggila belanja online. Sebelum berbelanja online, ada baiknya kalian membaca artikel berikut ini:

Tips Belanja Online Aman


ecommerce-indonesia

  1. Update terus sistem operasi, browser dan aplikasi 


  2.  

Tanpa disadari update sebetulnya sangat penting untuk menjaga perangkat dan juga transaksi online yang Anda lakukan. Setiap rilis baru biasanya membawa perbaikan tambahan untuk setiap celah keamanan. Sebagian besar sistem operasi desktop memang akan memperbaharui secara otomatis, tetapi tidak ada salahnya kamu juga memastikannya sendiri. Sedangkan untuk aplikasi, biasanya app store akan segera mengirimkan pemberitahuan ketika ada pembaruan tersedia.

  1. Kenali toko online tempat Anda berbelanja


  2.  

Kita pasti sudah pernah mendengar berbagai penipuan di dunia online.  Phishing atau tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email semakin meningkat di era belanja online. Tips belanja online berikutnya, pastikan hal-hal ini setiap Anda hendak belanja di website favorit:

  • Pastikan nama web tertulis dengan benar pada address bar

  • Carilah ulasan pelanggan lainnya mengenai toko online tersebut di situs milik pihak ketiga.

  • Selalu cek kembali alamat dan rincian kontak milik toko online tersebut memang benar ada.


  •  

Pastikan situs tersebut menggunakan fitur verifikasi 3DS untuk semua pemesanan dengan menggunakan kartu kredit. Fitur ini memungkinkan verifikasi dua tahap di mana Anda harus memverifikasi transaksi online dengan mengirimkan kode keamanan  ke nomer pribadi Anda.

3. Pastikan koneksi Anda aman

Di sudut kiri atas, selalu periksa apakah ada ikon gembok terkunci berwarna hijau di bidang alamat browser. Tanda ini menunjukkan bahwa sebuah website memenuhi standar kemanan yang ketat untuk melindungi data-datamu. Pernah dengar berbagai kasus penipuan yang menyebabkan pengguna kehilangan sejumlah uang dari kartu kreditnya akibat belanja online? Tentunya Anda tidak mau mengalami hal yang sama kan? Jika Anda menggunakan browser Opera, perlindungan malware  dan penipuan akan secara otomatis memperingatkanmu jika sebuah situs dianggap berbahaya.

  1. Jaga selalu informasi pribadi Anda


  2.  

Jangan pernah berbagi informasi sensitif seperti password atau nomor PIN. Periksa syarat dan kondisi dari situs belanja online untuk mengetahui kebijakan apa yang mereka tetapkan sehubungan dengan data-data pribadi Anda. Selalu berpikir dua kali sebelum Anda  berbagi alamat email, nomor telepon ataupun alamat surat. Teliti kembali situs tersebut untuk melihat apakah situs tersebut memiliki tujuan tertentu untuk memakai data-data pribadi Anda.

  1. Gunakan layanan VPN untuk menjaga agar data pribadi Anda aman


  2.  

Tips belanja online terakhir sekaligus salah satu cara terbaik untuk menjaga data pribadi adalah dengan menggunakan solusi VPN (Virtual Private Network) dan sudah terintegrasi dengan browser. Layanan VPN membuat koneksi terenkripsi antara komputer dan situs yang dikunjungi. Anda dapat menggunakannya untuk menjaga jaringan Wi-Fi, untuk mengubah alamat IP, atau untuk bekerja jarak jauh dalam jaringan perusahaan.

Leave a Comment