ArenaLTE.com – Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet, memberikan peluang besar bagi Microchip dan Atmel untuk mengadopsi teknologi Intel EPID. Teknologi yang dinamai dengan identitas Enhanched Privacy ID (EPID) ini diklaim perusahaan dapat membantu meningkatkan kemampuan interoperabilitas pengamanan perangkat.

Sebagaimana dari siaran rilis, Rabu, (19/8/2015), mengungkapkan bahwa IoT diperkirakan akan menjadi pasar bernilai multi-triliun dollar dengan jumlah perangkat yang saling terhubung sebanyak 50 miliar buah pada penghujungtahun 2020. Dan sejumlah perusahaan akan bergabung dalam sebuah ekosistem dimana lebih dari 1.1 miliar sertifikat teknologi Intel EPID tersebar.

Pelaku industri diungkapkan menghadapi tantangan besar dalam menerapkan solusi IoT terkait soal keamanan, interoperabilitas, dan kompleksitas solusi tersebut. Dengan menggunakan Intel EPID sebagai dasar pengamanan jaringan, ekosistem tersebut diklaim bisa memberikan alternatif solusi yang bisa menghubungkan perangkat satu dengan lainnya secara lebih aman dan mendorong pelaksanaan Internet of Things sesuai besaran yang dibutuhkan.

Teknologi Intel EPID menyediakan desain “on-ramp” untuk membantu banyak perangkat terhubung lebih aman dengan Intel IoT Platform. Integrasi Intel EPID yang mengandalkan hardware menyediakan identitas perangkat utuh yang kompatibel dengan standar ISO dan TCG, serta membantu melindungi privasi dengan teknologi anonimitas.

Otentikasi Pengamanan dan Anonimitas 

Teknologi Intel EPID memungkinkan para developer atau pengembang membangun sebuah basis untuk kepercayaan, otentikasi, penyertaan untuk hubungan antar sistem, serta pengesahan akses data dan aktuasi. Solusi ini menggunakan identitas berbasis hardware yang menjadi bagian dariprosesor sama seperti halnya sidik jari seseorang. Selain itu, teknologi ini juga menawarkan anonimitas melalui identitas berbasis perangkat dimana verifikasi perangkat dilakukan berdasarkan kelompok dan bukan berdasarkan key private individual atau kunci pribadi individual.

Teknologi ini membantu melindungi informasi personal teridentifikasi pada perangkat yang saling terhubung, sebagai bagian dari aspek mendasar solusi IoT di masa depan. Contohnya, teknologi Intel EPID bisa digunakan untuk solusi otomotif pintar dimana sebuah mobil bisa terhubung dengan infrastruktur pintar menggunakan chip Intel EPID. Chip ini akan melakukan verifikasi apakah mobil tersebut merupakan bagian dari kelompok mobil yang memiliki akses atas fitur peringatan perubahan cahaya atau kedatangan kendaraan darurat, tanpa harus melakukan verifikasi terhadap informasi tertentu.

Teknologi Intel EPID juga menawarkan lapisan keamanan tambahan untuk mengantisipasi insiden pelanggaran keamanan data dengan menyediakan cara yang mudah bagi pengelola sistem untuk mengatur kelompok dan izin penggunaan perangkat dalam pelaksanaan IoT. Dengan penggunaan Intel EPID pada cakupan  yang lebih luas dari industri semi-konduktor, Intel berharap tingkat keamanan tinggi seperti ini bisa diakses dan tersediasecara luas. (bda)