ArenaLTE.com – Boleh jadi iPad saat ini digembar gemborkan sebagai rajanya tablet. Walaupun dilihat dari pangsa pasar, tablet Android yang disokong banyak OEM (original equipment manufacture) masih jadi pemimpin global. Tapi ada analisis berbeda yang disampaikan lembaga Strategy Analytics, disebutkan pangsa pasar tablet Android akan terus menurun, sementara pangsa tablet Windows dan iOS akan mulai naik menjelang tahun 2019.

Microsoft Windows belakangan mulai bangkit dengan segmen tablet Windows hybrid akan meraih porsi pasar cukup lumayan di tahun 2019, terutama sejak dirilisnya sistem operasi generasi baru Windows 10 yang lebih powerful. Untuk kondisi saat ini, platform iOS besutan Apple masih menyumbang pangsa pasar tablet 22 persen. Sementara sistem operasi robot hijau milik Google mencapai 68 persen untuk pasar tablet. Sedangkan tablet Windows hanya mendapat porsi pasar dibawah 10 persen.
Baca juga: IDC: Pasar Tablet Kian Lesu, Pengapalan Anjlok Hingga Minus 12,6% di Q3 2015

Strategy Analytics melihat pergerakan dari tahun ke tahun pengiriman tablet Windows yang mencapai 58 persen punya prediksi. Bahwa porsi pasat tablet Windows akan mencapai 18 persen di tahun 2019, tablet iPad juga akan naik sedikit menjadi 23 persen. Sementara Android tablet masih merajai, namun dengan pasar yang tegerus menjadi 59 persen. Tentu saja prediksi ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Melihat respon pasar pada penjualan tablet Surface Pro 4 besar kemungkinan prediksi diatas tidak akan jauh meleset.