LTE Plus berasal dari optimasi pada sisi cell site, dan beamforming.

 

ArenaLTE.com – Turunan dari platform 4G LTE (Long Term Evolution) kian beragam. Setelah ada TD-LTE dan LTE-A (Advanced), kini operator Sprint di Amerika Serikat memperkenalkan LTE Plus Network yang digelar di frekuensi 800 Mhz dan 2,5 Ghz. LTE Plus berasal dari optimasi pada sisi cell site, Carrier Aggregation dan beamforming.

LTE Plus berjalan dengan sokongan teknologi LTE-A, dan ini menjadi pembeda yang signifikan antara Sprint dengan operator lain. Layanan ini juga merupakan dasar dimana teknologi LTE nantinya dapat dikembangkan dalam skema LTE-A di saluran 3/4/5 pembawa agregasi, order lebih tinggi pada MIMO (Multiple Input Multiple Output) dan beamforming yang lebih maju, integrasi WiFi lebih mulus, dan masih banyak lagi.

Dalam siaran pers, Sprint menyebut ada beberapa poin penting yang akan dinikmati oleh konsumen, di antaranya:

Faster Service

Layanan lebih cepat dengan kapasitas jaringan dan kecepatan dua kali lipat, Sprint menjanjikan  kecepatan puncak lebih dari 100Mbps pada perangkat yang mendukung.

Stronger Service

Layanan yang lebih kuat dengan teknologi smart antenna yang mampu memperluas sinyal sel lebih lanjut di frekuensi 2.5 GHz.

More Reliable Service

Lebih layanan handal dengan memanfaatkan tiga band spektrum – 1.9GHz untuk cakupan yang luas, 800MHz untuk layanan dalam ruangan yang lebih baik, dan 2.5GHz untuk kecepatan data yang lebih cepat.

Coverage LTE Plus milik Sprint
Coverage LTE Plus milik Sprint

Jaringan LTE Plus dari Sprint kini tersedia di 77 pasar utama di Amerika Serikat. Operator ini mengambil keuntungan dari portofolio spektrum triband yang kaya, dan menggunakan beberapa teknologi yang paling maju di dunia dalam nirkabel seperti pembawa agregasi dan antena beamforming.

Ke depannya, Sprint berencana memperluas LTE Plus dengan portofolio beragam perangkat, saat ini ada 13 perangkat yang telah mendukung LTE Plus, diantaranya yang mendukung jaringan LTE Plus adalah iPhone 6s, HTC One A9, dan Samsung Galaxy S6.

Foto: dailytech.com