ArenaLTE.com – Pada tahun 2020 nanti, diprediksi akan ada lebih dari 3,8 milyar perangkat Internet Of Thing (IoT) yang akan saling terhubung. Jumlah perangkat canggih ini akan menguasai lebih dari separuh penduduk bumi yang diprediksi akan mencapai sekitar 7,8 milyar manusia di tahun tersebut. Kehadiran teknologi jelas akan berpengaruh banyak terhadap kehidupan manusia dan untuk itulah software Solidworks 2017 hadir untuk memudahkan proses pembuatan perangkat canggih tersebut.

Solidworks 2017 merupakan sebuah software desain 3D yang dikembangkan oleh Dassault Systèmes Perusahaan 3DEXPERIENCE yang termasuk sebagai salah satu pemimpin dunia di bidang software desain 3D, 3D Digital Mock Up dan solusi Manajemen Siklus Hidup Produk/Product Lifecycle Management (PLM).

Benjamin Tan, Director, Professional Channel AP South, Dassault Systèmes ketika meluncurkan Solidworks 2017 untuk Indonesia di Intercontinental Hotel, Jakarta (29/09/2016) mengungkapkan bahwa kehadiran software Solidworks 2017 yang didukung oleh platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes diharapkan dapat membantu para inovator mendesain, memvalidasi, berkolaborasi, membangun dan mengelola proses pengembangan produk mereka dengan aplikasi yang terintegrasi.

Pada kesempatan yang sama, Ba-Thong PHAN, Senior Technical Manager, Professional Channel AP South, Dassault Systèmes juga menjelaskan beberapa fitur terbaru pada Solidworks 2017 dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Solidworks 2017
(kiri-kanan) Ba-Thong PHAN, Senior Technical Manager, Professional Channel AP South, Dassault Systèmes & Benjamin Tan, Director, Professional Channel AP South, Dassault Systèmes

Ba-Thong mengambil contoh penerapan tools Solidworks 2017 secara penuh oleh perusahaan MYOMO (My Own Motion) yang mengembangan sebuah alat kesehatan untuk menggerakkan tangan yang bisa digerakkan melalui sensor dari otak penggunanya yang bernama MyoPro. Alat kesehatan canggih ini  sangat berguna bagi penderita stroke yang tidak mampu menggerakkan tangannya sebelah atau cedera tangan lainnya.

Beberapa fitur teknis yang menjadi unggulan dari platform desain 3D Solidworks 2017 ini diantaranya yaitu :

  • Solidworks PCB, dapat mensinkronisasikan desain elektronik dan mekanik sesuai kebutuhan pengguna, dengan kombinasi dari keahlian desain elektronik dari Altium dan kemudahan penggunaan dari Solidworks.
  • Lisensi berjangka waktu, Solidworks 2017 bisa digunakan dalam berbagai paket versi dan simulasi dan rentang waktu lisensi yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan penggunanya muali dari jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan hingga setahun.
  • Selection breadcrums dan Shortcut menu, merupakan tampilan informasi yang akan mempermudah proses desain 3D menjadi lebih mudah dan efisien. Disediakan sebuah tampilan khusus yang mempercepat penggunanya dalan mencari tools dan fungsi desain dalam sebuah jendela hanya dengan satu klik saja.
  • Kekuatan modeling, mempercepat proses desain dengan alat-alat baru untuk Chamfer, Fillet, dan Advanced Hole Specification yang menciptakan beberapa variabel chamfer dalam satu proses sederhana, mengalihkan Chamfer ke Fillet dan sebaliknya untuk menerapkan perubahan desain dengan cepat.
  • Surfacing, menghilangkan hambatan untuk menciptakan geometri 3D yang kompleks, menghemat waktu dan menghindari penyelesaian masalah secara rumit dengan fitur yang baru seperti wrap, drag dan drop, emboss, deboss, atau 3D Curve.
  • Magnetic mates, menggarap perakitan besar dan menantang dengan mengorganisir peralatan dan ruang secara mudah, mempublikasikan bagian dan rakitan sebagai aset dengan koneksi yang sesuai untuk melakukan drag dan drop mating dengan mudah, dan memposisikan ulang model dengan mudah pula.
  • Fitur paling penting dan dibutuhkan yaitu 3D Interconnect fitur ini memungkinkan pengguna solidworks 2017 untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain yang menggunakan software desain yang berbeda. File desain 3D yang dibuat dengan solidworks 2017 ini kompatibel dan dapat dibuka dan dijalankan dengan berbagai software lain yang digunakan oleh berbagai pihak lainnya. Sehingga proses modifikasi dan pergantian komponen dari desain yang kita buat menggunakan solidworks 2017, jika terjadi perubahan dapat dilakukan cukup dengan satu perintah saja yaitu “update module” tanpa harus mendesain ulang lagi.

Solidworks 2017Menurut Ba-Thong, versi baru Solidworks 2017 merupakan platform desain 3D yang dapat berintegrasi penuh sehingga akan memudahkan penggunanya dalam membuat desain produk dan mesin dengan lebih efektif dan mudah. Mulai dari startup kecil hingga perusahaan multinasional dalat membuat model 3D alat apapun dan dapat berkolaborasi dengan berbagai vendor dan konsumen berbeda. Sejak dari proses konsep hingga produksi termasuk kemudahan berkolaborasi dengan pihak dan tim lain yang berlokasi jauh.

Mengenai prospek solidworks 2017 di Indonesia, Benjamin Tan menjelaskan jika potensi penerapan Solidworks ini untuk berbagai industri seperti aerospace, otomotif, perlengkapan industri, mesin teknologi tinggi dan juga consumer produk. Kehadiran Solidworks di Indonesia sendiri mendapatkan respon yang cukup baik dan sudah banyak digunakan oleh beberapa partner di berbagai wilayah Indonesia seperti Jakarta, Cikarang, Surabaya, Batam dan juga Bandung. Kita juga akan terus mengembangkan partnership dengan berbagai pihak lain di seluruh wilayah Indonesia.