ArenaLTE.com – Menghadapi persaingan 2016 yang kian ketat, vendor asal Perancis Wiko mengungkapkan akan fokus menggarap pasar smartphone 4G LTE. Ada lebih dari 5 tipe smartphone LTE Wiko yang rencananya bakal dirilis di tahun 2016. Mereka juga berkomitmen mengembangkan user interface (UI) sendiri serta prosesor Octacore.

Pada 2015, sang vendor sudah merilis 10 tipe smartphone dan 4 smartphone 4G dengan respon yang cukup baik. Hal itu mendorong Wiko lebih agresif lagi di tahun 2016 dengan merilis lebih dari 5 smartphone 4G ditambah lagi dengan tipe smartphone lainnya.

“Smartphone kami terus mendapat respon yang positif dari konsumen tanah air. Tentunya ini akan membuat kami makin bersemangat menghadapi persaingan ketat,” ungkap Dwi Lingga Jaya, CEO Wiko Mobile Indonesia.

Dwi Lingga Jaya berkata, beragam inovasi menghadapi persaingan ketat telah dilakukan, mulai dari desain, teknologi, maupun strategi marketing dan distribusi. Dari sisi teknologi, 4G LTE menjadi salah satu prioritas utama Wiko. Untuk teknologi ini, Wiko berkomitmen menjaga kualitas dan performa sehingga tidak tergiur untuk menawarkan smartphone 4G dibawah IDR 1 jutaan.

wiko-pulp-fab-4g1 (2)“Dibanding kuantitas, kualitas menjadi pilihan utama kami. Maka dari itu, di tahun 2016 kami tidak merilis smartphone LTE Wiko di bawah IDR 1 jutaan. Karena dengan harga seperti itu, pasti ada spesifikasi yang dikorbankan. Kisaran harga smartphone 4G kami sekitar Rp.2 juta ke atas,” ungkap Dwi Lingga Jaya.

Tidak sekadar merilis smartphone LTE Wiko, melainkan juga menyajikan smartphone dengan desain stylish, elegan dan nyaman digenggam. Sebagai informasi, pada 2015 lalu, Wiko telah merilis smartphone 4G tertipis di dunia yaitu Wiko Highway Pure. “Begitu juga di tahun 2016, kami akan menyajikan desain smartphone yang lebih menarik,” tegas Dwi Lingga Jaya.

Selain menyajikan teknologi 4G dan octa core, seperti yang sudah diusung pada beberapa tipe smartphone yang sudah dirilis di tahun 2015. Wiko berkomitmen untuk selalu berinovasi dan memberikan teknologi terbaru pada smartphone yang dirilis. “Kami akan selalu memberikan update teknologi terbaru pada smartphone Wiko.Misalnya pada layar, yang saat ini menggunakan corning gorilla glass 3. Dari sisi kamera dan flash-nya, pasti akan menggunakan teknologi terbaru. Untuk User Interface (UI), kami terus mengembangkan UI Wiko sendiri dengan fitur-fitur yang terus kami update. Seperti fitur-fitur ciri khas Wiko Mobile yaitu wide selfie, face beauty, dan tentu saja tampilan layar dengan warna yang hidup,” papar Dwi Lingga Jaya.

Sementara dari sisi distribusi dan penetrasi pasar, Sung Khiun, Chief Sales Officer Wiko Mobile Indonesia bilang pihaknya akan terus mengembangkan channel distribusi modern maupun konvensional. Selain itu akan ada penambahan gerai Wiko Experience Store di beberapa kota besar. Sekadar informasi, kini Wiko sudah memiliki Wiko Experience Store di pusat perbelanjaan handphone, ITC Roxy Mas Jakarta. Untuk strategi marketing, sudah ada sinergi dengan beberapa online store besar dan ternama.
“Diharapkan dengan strategi tersebut, smartphone kami bisa makin diterima oleh konsumen tanah air. Target kami, setidaknya berada di antara 10 besar pemain smartphone tanah air,” ungkap Sung Khiun.