ArenaLTE.com – Indonesia perlu belajar banyak pada Singapura. Meski jaraknya berdekatan sebagai negara tetangga, tetapi layanan dan infrastruktur transportasinya sangat jauh berbeda. Inovasi terbaru, tiga operator seluler di Singapura yaitu SingTel, StarHub, dan M1 telah meluncurkan SIM khusus yang dilengkapi chip NFC (Near Field Communication). SIM NFC Transit ini digunakan untuk menunjang pembayaran transportasi di negeri singa tersebut.

Dengan chip NFC yang telah terpasang di kartu SIM, memungkinkan pelanggan seluler untuk melakukan pembayaran angkutan lewat segala jenis ponsel. Dikutip dari Telecomasia.net, peluncuran layanan SIM NFC Transit didukung oleh EZ-Link. Pada praktiknya SIM NFC Transit ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran moda transportasi bus dan kereta api.

Operator M1 meluncurkan SIM NFC transit pada hari Senin  lalu, sedangkan operator StarHub berencana menggelar layanan ini pada hari Sabtu mendatang. Dan operator terbesar SingTel direncanakan akan meluncurkan SIM NFC Transit ini pada akhir bulan April mendatang.

Untuk bisa menggunakan fasilitas SIM card baru ini, pelanggan dapat menukarkan SIM lama dengan SIM NFC Transit. Untuk pelanggan M1 dikenakan biaya penukaran kartu SIM senilai S$ 37,45. Sementara StarHub mengenakan biaya S$ 37,45 untuk SIM NFC Transit baru, atau S$ 26,75 untuk sekedar menukar SIM lama. Sedangkan SingTel masih belum merilis resmi harga beli baru atau penukaran SIM card lama ke SIM NFC Transit. Sebagai langkap promosi, ketiga operator sepakat untuk membebaskan biaya aktivasi kartu.

Ilustrasi pembayaran dengan smartphone (Foto: Gizmodo)
Ilustrasi pembayaran dengan smartphone (Foto: Gizmodo)

NFC yang melekat pada kartu SIM dibuat kompatibel dengan terminal pembayaran dari EZ-Link, serta mendukung untuk pembelanjaan ritel, kuliner, makan minuman, sampai pembayaran taksi. M1 malah telah mengintegrasikan layanan pembayaran NFC SIM dengan layanan pra bayar Master Card. Pelanggan SingTel bahkan akan ditawarkan aplikasi Dash, sehingga pengguna dapat membayar taksi langsung dari smartphone.

“SIM NFC Transit akan menjadi killer apps di Singapura, pasalnya konsumen akan melihat sisi kemudahan dari layanan ini. Sinergi dengan peluncuran yang didukung semua  operator menjadi nilai tambah bagi cakupan layanan,” ujar P. Subramaniam, Kepala Pemasaran M1. Nah, kapan operator di Indonesia akan mengimplementasikan? Pasti bukan sesuatu yang sulit, tinggal menunggu kesiapan layanan transportasinya saja.