ArenaLTE.com – Instalasi Wifi rasanya bak tumbuhnya jamur di musim hujan, tapi jadi proyek yang bernilai tinggi bila ada ribuan hotspot WiFi yang dipasang dan terintegrasi. Seperti baru-baru ini, vendor router Ruckus Wireless bekerjasama dengan BBLink Shanghai berencana menebar 1.500 akses router di rumah sakit ibu dan anak di seluruh wilayah Cina.

Dasar peluncuran ini terkait kenaikan pertumbuhan eksponensial dari penggunaan smartphone di China. Menurut sebuah laporan oleh emarketer.com, lebih dari setengah pengguna ponsel di China akan memiliki dan menggunakan smartphone pada tahun 2015. Karena hadir dengan harga terjangkau, plus perangkat diproduksi di dalam negeri serta dikombinasikan dengan meningkatnya pendapatan. Menjadikan lembaga-lembaga kesehatan ikut mengambil peran dari ketersediaan akses tersebut.

Sebagai langkah awal, Ruckus Wireless dan BBLink akan menyebar lebih dari 1.500 hotspot Wifi, berikut Wifi controller yang dipasok juga oleh Ruckus. Sebagai target awal, instalasi akan dilakukan di rumah bersalin dan rumah sakit anak di kota-kota besar.

Lebih lanjut, penyebaran teknologi Wifi nantinya dapat merubah pola akses pasien untuk perawatan bersalin, dimana IoT (Internet of Things) diproyeksi akan mengambil peran dalam pengalaman kesehatan digital. “Ini adalah proyek pertama kami untuk membangun jaringan nirkabel nasional, targetnya adalah untuk meningkatkan penanganan medis bagi ibu-ibu hamil,” ujar Cui Hailong, BBLink technical support manager, seperti dikutip dari Telecomasia.net (26/11/2015). Implementasi jaringan Wifi ini sudah mempertimbangkan faktor skalabilitas, fleksibilitas, biaya pemeliharaan, stabilitas sistem, serta biaya investasi.

Setelah tahap 1.500 akses berhasil dirampungkan, kedua perusahaan berencana menyebar 10.000 hotspot WiFi tambahan guna menghadirkan jaringan smart Wifi di 2.000 rumah bersalin dan rumah sakit anak di seluruh Cina.