ArenaLTE.com – Hari ini (31/3/2016), Qualcomm mulai unjuk gigi terhadap prosesor terbaru Snapdragon 820 di kawasan Asia Tenggara. Bertempat di Ballroom Grand Hyat Hotel, Singapura, perusahaan akan buka-bukaan seperti apa kecanggihan produk terbarunya ini. Jika dibanding jajaran produk lainnya yang dikembangkan, chipset ini memang mendapat perhatian paling besar dari perusahaan. Sehingga merasa perlu untuk menggelar event khusus.

Sejak tahun lalu, perusahaan teknologi asal San Diego, Amerika Serikat ini sudah mulai menghembuskan kabar mengenai chipset premium tersebut. Menjadi tanda bahwa Snapdragon 820 benar-benar menjadi senjata yang paling diandalkan. Di ajang MWC 2016 yang digelar di Barcelona, Qualcomm memperkenalkan beberapa smartphone yang diperkuat prosesor Snapdragon 820.

Qualcomm-SNapdragon
Baca: Ini Dia 5 Smartphone Paling Canggih 2016 Dengan Prosesor Qualcomm Snapdragon 820

Secara teknis, chipset ini memang menawarkan banyak kelebihan dengan dibenamkannya berbagai teknologi terkini. Beberapa modul komponen tersebut diantaranya yaitu Central Processing Unit (CPU) Kryo, yang merupakan inti chipset Snapdragon 820 dengan kemampuan dua kali lebih cepat dan dua kali lebih hemat energi. Kemampuan tersebut diperoleh dari teknologi manufaktur 14 nanometer FinFET dan sebuah modifikasi pada CPU 64 bit. Chipset ini juga menggunakan teknologi heterogenous computing sehingga beban kinerja bisa diintegrasikan dengan modul komponen lain yaitu prosesor grafis (GPU) Adreno 350, prosesor digital signal (Hexagon 680), dan prosesor imaging (Spectra).

Inovasi teknologi impresif lainnya adalah di sektor fotografi dengan disuntiknya teknologi Spectra camera 14-bit dual ISP (Image signa processor). Teknologi sensor kamera ini mampu menangani piksel kamera kecil dengan lebih baik, hybrid autofocus, performa dalam kondisi low-light dan akan bersandar pada GPU untuk piranti lunak ‘optical zoom’-nya. Juga mampu menyajikan gambar resolusi tinggi berkualitas setara DSLR.

Dalam hal konektivitas, tak perlu diragukan lagi bahwa Qualcomm adalah salah satu pelopor teknologi 4G LTE. di Prosesor ini terdapat X12 LTE dengan spesifikasi yang mampu mengunduh hingga 600 Mbps dan juga mendukung multi-gigabit 802.11ad Wi-Fi. Prosesor Qualcomm Snapdragon 820 sendiri terdiri dari berbagai modul komponen pendukung dalam sebuah SoC sehingga dapat bekerja lebih efisien termasuk kemampuannya mendukung agregasi jaringan LTE dengan LTE-Unlicensed (LTE-U).

Ketahanan baterai juga menjadi faktor kunci. Konsumsi daya diklaim lebih rendah 30% dibanding sebelumnya, serta dibekali teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat. Secara teknis, dari 0 sampai 80% membutuhkan waktu hanya 35 menit saja.

Perusahaan mengungkapkan bahwa hingga saat ini, telah terdapat 7 smartphone premium yang diperkuat Snapdragon 820. Smartphone tersebut adalah: LG G5, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (di negara tertentu), HP Elite X3, Xiaomi Mi5, Le Eco LeMax Pro, Sony Xperia X Performance, dan Vivo Xplay 5S.