ArenaLTE.com – Tak ingin ketinggalan dari Ericsson yang menggandeng Bombardier dalam implementasi 4G LTE (Long Term Evolution) di kereta cepat, vendor jaringan asal Finlandia, Nokia juga mengambil langkah yang mirip-mirip dengan Ericsson. Nokia pada hari selasa lalu (9/8/2016), telah menuntaskan uji coba 4G LTE di jaringan kereta Paris, Perancis.
BACA: Ericsson dan Bombardier Tuntaskan Implementasi 4G LTE di Kereta Cepat

Karena menyangkut uji jaringan pada layanan transportasi publik, dalam proyek ini Nokia menggandeng French public transport operator Régie Autonome des Transports Parisiens (RATP), semacam otoritas transpotasi di Perancis. Uji coba dilangsungkan pada jalur kereta Paris Line 14.ilustrasi smartphone kereta

Menurut RATP, uji LTE dengan jaringan tunggal dapat digunakan untuk semua kebutuhan operasional dan komunikasi kereta Paris. Faktanya saat ini, operator menggunakan saluran yang berbeda, antara campuran sinyal WiFi, radio digital, dan jaringan 3G/4G.

Dikutip dari itsinternational.com, disebutkan tes uji coba mampu menunjukkan bahwa jaringan seluler tunggal LTE dapat menggantikan jaringan WiFi tradisional. Jaringan ini mampu mengelola transmisi data dari beberapa aplikasi secara bersamaan, termasuk simulasi kontrol kereta (simulasi CBTC berdasarkan data real pra-rekaman).

Layanan 4G LTE yang disediakan juga termasuk video dan platform di kereta, komunikasi suara untuk kebutuhan operasional, platform informasi dan multimedia bagi penumpang di kereta api, dan platform jasa pemeliharaan dan pengawasan.

Percobaan ini menandai kontribusi signifikan sebelum dimulainya proses standarisasi operasional teknologi 4G LTE di sistem transportasi dan layanan pelanggan terkait. Pada jaringan tunggal, LTE yang diadopsi tidak menyatu dengan platform jalur akses LTE reguler yang digunakan oleh masyarakat.