ArenaLTE.com – Mozilla pekan ini telah meluncurkan versi terbaru sistem operasi Firefox OS 2.5 yang ditujukan untuk perangkat low-end. Uniknya, Mozilla juga merilis aplikasi Android dengan sensasi yang mirip seperti sistem operasi besutannya itu. Mozilla memang ingin memperkenalkan Firefox OS kepada penggua Android lewat sentuhan aplikasi.

Karena merupakan ‘operating system’ didalam OS Android, maka tidak diperlukan setting tidak ada ROM atau menghapus file tertentu sebelum menjajal  OS  Firefox, dan pastinya tidak ada risiko apa pun saat melakukan install pada OS ini. Penguna dapat menginstal aplikasi ini seperti yang dilakukan pada  aplikasi reguler lainnya.
Baca juga: Akhirnya, Browser Mozilla Firefox Bakal Mendarat di iOS

Screenshot aplikasi Firefox OS
Screenshot aplikasi Firefox OS

Firefox OS 2.5 Developer Preview sekarang tersedia untuk Android, namun aplikasinya belum ada di Google Play Store. Untuk mencobanya sangatlah mudah, cukup download file apk-nya di website Mozilla, kemudian install di perangkat Android Anda. Proses yang mudah dan singkat.

Aplikasi Firefox OS ini bentuknya sama seperti aplikasi launcher pada umumnya, dengan tampilan dan setting yang sangat berbeda. Firefox OS versi aplikasi ini secara tampilan kelihatannya dibuat sesederhana mungkin. Sekilas mirip dengan iOS tetapi dengan tingkah lagi mirip dengan Ubuntu Touch, yaitu untuk bergerak ke history aplikasi sebelum dan sesudah, dilakukan dengan menggunakan swipe. Animasi bounching terlihat bagus dan simple.