ArenaLTE.com – Belum lama ini Microsoft mengumumkan penghentian upayanya untuk menawarkan kemudahan dalam menghadirkan aplikasi Android di Windows 10. Keputusan ini sekaligus mengonfirmasi perkembangan rumor yang beredar sejak November lalu terkait dengan penghentian upaya ini.

Supaya yang disebut dengan kodenama Project Astoria ini diumumkan untuk pertama kali di ajang konferensi pengembang Microsoft Build tahun lalu. Untuk menghadirkan aplikasi Android di sistem operasi milik Microsoft ini diumumkan bersamaan dengan rencana serupa yang disebut akan menjembatani iOS dan Windows, serta membantu pengembang memindahkan software Windows dan aplikasi web versi lama ke iOS versi lebih baru.

Microsoft juga menyebut, upaya menjembatani teknologi untuk menghadirkan kode dari sistem operasi mobile ke Windows nyatanya terlalu dibutuhkan. Microsoft juga menyebut investasi pada iOS Bridge akan memperjelas upaya mereka dalam memberikan kemudahan bagi pengembang untuk menghadirkan kode yang telah ada ke Windows.

Penghentian Project Astoria ini diumumkan setelah perusahaan menyetujui untuk mengakuisisi Xamarin, startup yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi dalam bahasa pemrograman tunggal dan kustomisasi software untukplatform smartphone.

Sebelumnya diungkapkan Microsoft tengah mempersiapkan diri menyambut generasi sistem operasi terbaru buatannya, Windows 10. Rencana membuka peluang aplikasi Android dan iOS berjalan di Windows 10 diungkap pihak perusahaan di hadapan para developer pada acara konferensi developer tahunan Build 2015 yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat.

Menurut vendor, aplikasi Android dan iOS yang berjalan di handset mereka tidak akan menggunakan sistem emulator, tetapi dengan cara mem-porting aplikasi tersebut di Windows 10 melalui subsistem. Aplikasi Android dan iOS yang berjalan di Windows 10 akan menggunakan kode yang sudah ada di dalamnya, hanya saja dijalankan melalui wadah keamanan khusus. Kemudahan ini diharapkan perusahaan bisa mendongkrak jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Store.