ArenaLTE.com – Mengganti smartphone lama dengan yang baru sepertinya memang sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak pengguna. Hasil riset mengungkapkan bahwa  hampir 1 hingga 2 tahun sekali, dipastikan bahwa pengguna melakukan kebiasaan tersebut. Bahkan waktu tercepat yang sering dilakukan pengguna dalam mengganti paling cepat adalah 3 bulan sekali, lalu berapakah persentase mengganti smartphone saat ini?

Hasil riset Mars Research yang ditemukan Suryo A. Soekarno, Commercial & Business Development Director Mars Research Specialist, menuturkan bahwa hasil riset yang mengungkapkan tentang kebiasaan mengganti smartphone lama dilakukan pengguna adalah hasil survey online.

mengganti smartphone lama
Suasana di salah satu sentra ponsel di Jakarta

Dari hasil riset tersebut, terungkap bahwa ada lebih dari 56% responden mengganti smartphone lama dengan yang baru dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun. Sedangkan dalam kurun waktu lebih dari 2 tahun ada sekira 20.6%, melakukan kebiasaan mengganti smartphone mereka. Untuk waktu tercepat yang dilakukan pengguna adalah dalam waktu 3 bulan, dilakukan sebanyak 2,4%.

“Alasan utama pengguna mengganti smartphone lama dengan yang baru adalah karena ingin mengganti model yang baru, dilakukan sebanyak 31% responden. Sedangkan alasan karena ponsel lama sudah rusak hanya sekira 19% saja,” tulis hasi riset yang diungkapkan Suryo.

Alasan lain yang dituturkan oleh responden karena ingin mengganti smartphone lama adalah adalah kendala, salah satu yang sering diutarakan adalah daya tahan baterai yang sudah cepat habis yang dikeluhkan sebanyak 33,5% korespponden. Sedangkan keluhan lainnya adalah ponsel yang cepat panas oleh sebanyak 14,4% pengguna, dan akses internet yang melambat sekira 14,8% pengguna.

Pun demikian, ada banyak alasan lainnya yang juga disebutkan pengguna ingin mengganti smartphone, seperti halnya adalah fitur yang dimiliki. Dari hasil riset yang ditemukan analis, terungkap bahwa saat ini pengguna menginginkan smartphone dengan dimensi yang tipis dan berat tak kurang dari 140gram.

Untuk bagian layar, dalam riset disebutkan bahwa pengguna saat ini ingin mencari ponsel pintar dengan dimensi 5 inci, serta dukungan dual camera, dual SIM Card, memori RAM dan penyimpanan yang besar, serta tak sedikit yang mempertimbangkan dengan kecepatan prosesor diatas 1,8GHz lebih banyak dipilih. Untuk baterai, pengguna saat ini lebih menyenangi diatas kapasitas 2.500mAh.