ArenaLTE.com – Mediatek, produsen chip asal Tiongkok sudah melangkah dengan cukup baik selama ini. Akhir tahun lalu, perusahaan ini membuat permainan menjadi kian panas dengan merilis chip 64-bit dan sanggup menantang hegemoni Qualcomm asal AS. Nilai lebih produk besutan Mediatek adalah harganya yang low cost, sehingga adopsi chip MTK dari perusahaan ini banyak ditemukan di smartphone murah. Kini, Mediatek menyiapkan Helio X30 sebagai senjata perang baru.

Tapi bicara soal segmen papan atas, Mediatek memang masih sedikit tertatih-tatih. Hasil benchmark dari chip andalannya Helio X20, prosesor deca core pertama mereka yang membidik kalangan menengah atas hanya mencatatkan skor 85 ribu di AnTuTu. Sementara senjata pamungkas Qualcomm, yakni Snapdragon 820 bisa meraih skor 133 ribu pada tes yang sama.

mediatekSampai tahun ini, Mediatek memang masih belum mampu menandingi prosesor Snapdragon milik Qualcomm di segmen high end. Tapi perusahaan ini memiliki ekspektasi yang tinggi untuk chipset Helio X30 yang tengah disiapkan untuk tahun depan. Menurut COO Mediatek, Zhu Shangzu, Helio X30 akan menjadi dapur pacu yang bisa menandingi chipset keluaran Qualcomm maupun Samsung.

Mediatek dikabarkan akan terus melanjutkan pengembangan arsitektur deca core mereka pada proses 16nm untuk chip papan atasnya. Arsitektur yang berpotensi untuk Helio X30 adalah pemakaian 2 x 1GHz Cortex A53 + 2 x 1.5GHz Cortex A53 + 2 x 2GHz Cortex A72 dan 4 X 2.5GHz Cortex A72.

Masih belum diketahui pengolah grafis apa yang akan dibenamkan dalam chip baru ini. Tapi tentu saja, banyak yang berharap bahwa GPU-nya akan cukup bertenaga untuk menghadapi yang dibenamkan dalam chipset SoC Samsung dan Qualcomm. Sebagian kalangan mengharapkan Mediatek tidak melanjutkan tradisi menghadirkan CPU bertenaga namun ditemani GPU yang kurang handal di produk papan atasnya.

Soal rencana peluncurannya, Mediatek masih belum mengungkap tanggal pastinya. Tapi jika mengacu pada aktivitas Mediatek yang mengumumkan Helio X20 pada akhir tahun, maka ada potensi chipset baru ini juga eksis akhir tahun ini.