ArenaLTE.com – Kemajuan teknologi merambah kesegala bidang, termasuk bidang industri properti. Banyak robot canggih diciptakan manusia karena diprediksi suatu saat nanti akan banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh para robot canggih ini. Tidak perlu menunggu hadirnya robot dalam bentuk fisik, namun sistem robotik yang mampu mengotomatisasi berbagai aktifitas kegiatan usaha juga sudah banyak digunakan sekarang ini, namun bagaimana dampaknya kehadiran robot ini terhadap industri real estate?

Salah satu portal jual beli dan sewa real estate global Lamudi, memberikan gambaran tentang dampak kehadiran robot pada industri real estate.  Peran robot akan sangat berguna untuk mencari informasi yang berkaitan dengan properti, seperti mencarikan apartemen seharga $ 500.000 dekat pantai di Bali. Bahkan dapat pula menghitung dengan cepat dan membandingkan pilihan KPR yang berbeda untuk kita.

Ketika kita mengakses sebuah portal properti, kita akan dibantu oleh sebuah program yang diberi nama chatbot, yakni sebuah program komputer yang dirancang dapat berkomunikasi dengan manusia baik audio atau teks.

Sama seperti portal lainnya, pemanfaatan program chat bot ini memberikan layanan pribadi dengan biaya yang jauh lebih murah, penghapusan perlindungan kerja yang biasa ditawarkan kepada manusia dan program ini juga dapat digunakan selama 24 jam tanpa henti.

Chatbot juga akan membantu meningkatkan layanan customer service dengan memberikan manusia waktu untuk berpikir kreatif, sedangkan bot memberikan data. Di masa yang akan datang ketika kita mencari sebuah rumah, contohnya seperti di Mexico maka chatbot akan dapat dengan cepat mencari data yang kita butuhkan, namun hal tersebut akan terlihat seperti manusia yang berbicara kepada kita.

Meskiun terlihat sempurna, namun penerapan sistem robotik pada portal properti ini juga memiliki kelemahan. Misalnya kita tidak bisa menenangkan pelanggan yang marah, merasakan kekhawatiran pelanggan, atau menampilkan empati. Hal ini disebabkan karena sistem robotik ini tidak memiliki kecerdasan emosional, seperti manusia.

Meskipun canggih masih ada beberapa hal yang tidak bisa digantikan oleh robot dan memerlukan kecerdasan manusia. Karena pada dasarnya, robot ini hanya akan membuat tugas-tugas dasar menjadi lebih mudah. Mereka memiliki batas maksimal kemampuan, ketika tidak bisa diatasi dengan robot saatnya memerlukan sentuhan manusia melalui kita atau staf properti yang lain.