ArenaLTE.com – Linksys cukup konsisten bermain di pasar Indonesia. Kali ini perusahaan tersebut meluncurkan kembali generasi baru dari router Wi-Fi WRT legendarisnya, Linksys WRT1900AC. Router Wireless-AC terbaik di kelasnya ini datang memboyong berbagai fitur dan dukungan untuk open source.

Router WRT memiliki empat antena eksternal untuk menghasilkan cakupan nirkabel optimal di seluruh area rumah. Produk ini telah memenuhi standar sertifikasi Wi-Fi terbaru, yakni 802.11ac, untuk menghadirkan kinerja terbaik di kelasnya, termasuk teknologi cerdas seperti beamforming yang memperkuat jangkauan sinyal nirkabel.

Sebagai informasi saja, desain Router Linksys WRT1900AC Dual Band Wi-Fi terinspirasi dari router ikonik WRT54G yang diperkenalkan 11 tahun lalu. Tentu saja, WRT hadir dengan perangkat keras yang jauh lebih unggul, seperti prosesor 1,3 GHz Dual-Core, memori flash 128MB, eSATA serta port USB. Termasuk dalam paket penjualan WRT adalah perangkat setup dan manajemen Linksys Smart Wi-Fi.

linksys WRT1900ACMenariknya, Linksys menggandeng kemitraan dengan pengembang perangkat lunak open source untuk memastikan bahwa sejumlah firmware open source alternatif dapat dinikmati oleh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

“WRT merupakan batu landasan dalam sejarah Wi-Fi, dan identik dengan penggunaan teknologi nirkabel di rumah karena WRT merupakan router nirkabel pertama yang tersedia bagi pengguna rumahan. Kami telah menjual lebih dari 50 juta unit WRT di seluruh dunia,” ungkap Jaimohan Thampi, Head of Networking BU, Int’l Markets (APeA) untuk Linksys.

Sejumlah fitur tambahan disematkan kepada router WRT baru ini. Kini bisa dikonfigurasikan sebagai range extender atau jembatan nirkabel. Fitur perangkat lunak juga disisipkan, termasuk dukungan untuk layanan No-IP dynamic DNS. Linksys juga berencana untuk menambahkan fitur Wi-Fi Scheduling serta server VPN berbasis OpenVPN ke dalam WRT.

Router Linksys WRT1900AC DualBand Wireless-AC tersedia secara komersial di toko-toko IT terkemuka serta secara online di Linksys.com store, dengan penawaran harga spesial IDR 4.899.000.