ArenaLTE.com – Pita frekuensi atau spektrum jaringan 4G LTE Indonesia yang diterapkan beberapa operator memang berbeda-beda, ada yang berada pada frekuensi 900, 1.800 MHz, dan 2.300 MHz. Namun, sinyal frekuensi 1.800 MHz untuk GSM diungkapkan oleh VP XL Jabodetabek Region, Titus Dondi, lebih menguntungkan bagi banyak pengguna perangkat telekomunikasi 4G LTE XL.

“Tidak semua operator berani mengambil challenge ini, kita diuntungkan dengan spektrum 1.800 MHz. Bagi yang menggunakan teknologi di 900 MHz, kualitas experience tentu akan sangat jauh berbeda. Karena real Technology 4G akan berjalan sempurna di teknologi 1.800MHz ini,” jelas Titus Dondi, di sela acara demo streaming video 360 di Mall Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Dirinya menambahkan, XL diuntungkan dengan adanya teknologi ini sehingga berani mengambil challenge ekstrim, trial juga sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan saat ini adalah countdown untuk wilayah DKI Jakarta sebelum resmi diluncurkan pada 23 November 2015 secara komersial. Hal tersebut juga sebagai finish atas proses pemindahan frekuensi seluruh operator.

XL akan menggelar layanan 4G LTE secara komersial di DKI Jakarta pada 23 November 2015

Count Down  ini adalah sebagai perkenalan teknologi 4G kami yang akan segera rilis resmi di Jakarta, pada November mendatang. Dalam bagian acara ini juga XL akan memberikan edukasi layanan produk, serta beberapa program lainnya, seperti penukaran SIM dan paket bundling perangkat 4G,” tambah Titus.

Kecepatan Akses

Titus Dondi, menerangkan bahwa dalam kondisi ideal area wilayah 4G XL mampu meraih kecepatan hingga 100Mbps, lebih besar dari jaringan HSPA yang hanya mencapai 42Mbps. “Bahkan lebih besar saat trial yang menembus angka 102 hingga 105 Mbps, bahkan untuk streaming video di 3G hanya bisa mencapai 1Mbps, namun dengan 4G bisa 5 hingga 6 Mbps,” jelasnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa untuk wilaya Jakarta ini, perusahaan menyediakan 70 hingga 80 BTS saat ini dan menargetkan 1.527 BTS hingga akhir tahun 2015.”Dari 13 juta pelanggan XL, ada sebanyak 200 ribu pengguna sudah menukarkan SIM card 4G untuk wilayah Jabodetabek ini. Dan tercatat bahwa 400 pelanggan sudah menggunakan smartphone,” tambahnya.

Untuk area Jakarta coverage tersebut baru bisa rilis resmi pada 23 November, bersamaan itu juga operator akan menerapkan paket layanan baru untuk pendukungnya. Beberapa area yang menjadi sorotan XL adalah Jakarta Utara di wilayah Kelapa Gading hingga wilayah Segitiga emas, seperti bundaran HI dan area sekitarnya.

Program 4G XL Axiata

Selain perangkat komunikasi 4G, untuk menikmati kenyamanan akses jaringan generasi empat ini adalah SIM card yang mendukung, serta layanan produk dari operator itu sendiri. XL selaku operator berbasis GSM menyediakan pilihan tersebut yang diklaim cukup membantu banyak pengguna Indonesia.

Salah satu program yang diperkenalkan oleh operator ini adalah ‘Power Pack’, sebuah program yang menyediakan penukaran kartu GSM lama dengan yang baru dan sudah mendukung teknoloi 4G. Selain itu, program juga menyediakan paket bundling ponsel dengan pembayaran yang dapat diangsur.

Tak jauh berbeda dengan sistem penjualan kontrak di luar negeri, XL menyediakan pembelian smartphone 4G yang dipaket dengan kartu perdana dan paket layanan sendiri. Seperti halnya iPhone 6 yang dipaketkan secara eksklusif dengan rentang pembayaran Rp999 rib selama 12 bulan, mendapatkan kuota data 7GB, telfon gratis ke sesama XL dan paket SMS ke semua operator.

Namun, selain ponsel di kelas atas tersebut, operator biru ini juga menyediakan ponsel di kelas menengah dengan paket yang berbeda-beda, seperti Xiaomi Redmi 2, Lenovo, Sony M2 Aqua, dan Asus Zenfone 2 yang bisa dipilih sesuai dengan konsumen. (bda)

Comments