ArenaLTE.com – Saat ini, hampir setiap orang tidak bisa memisahkan dirinya dari smartphone. Bahkan tak sedikit yang menganggap lebih baik tertinggal dompet di rumah, dibandingkan ponsel saat bepergian. Kebiasaan untuk selalu dekat dengan ponsel ini tak mengenal usia. Namun demikian, jenjang usia tetap menjadi perbedaan kental aktivitas para pengguna smartphone di Indonesia.

DI Marketing, sebuah perusahaan riset Asia melakukan penelitian mengenai kebiasaan pengguna smartphone di Indonesia yang hasilnya dipublikasikan pada bulan Juli 2016. Mereka melaporkan bahwa perbedaan usia ternyata memberikan preferensi yang bereda juga di kalangan pengguna smartphone di Indonesia. Bahkan, usia menjadi salah satu tolak ukur tentang ponsel pintar apa yang paling mereka sukai.

smartphone-brand

Hasil studi dari riset DI Marketing seperti diulas oleh laman emarketer, mengungkap bahwa setiap orang sangat menyenangi barang-barang tertentu termasuk smartphone. Hal ini pun berbeda di setiap usia penggunanya. Seperti halnya orang di rentang usia 26 tahun hingga 30 tahun yang lebih menyenangi perangkat buatan Korea yang lebih mahal. Dari jajaran usia tersebut, 31% koresponden menyebutkan mereka memiliki ponsel pintar Samsung.

Namun, berbeda dengan usia di bawah dari koresponden diatas. Di rentang usia 25 tahun dan di bawahnya, lebih menyenangi smartphone buatan China, seperti Xiaomi maupun ponsel lokal. Hal ini bisa dimaklumi mengingat mereka kebanyakan masih sekolah, belum bekerja ataupun masih baru berkarir sehingga penghasilannya pun terbatas. Meski demikian dengan jumlah kepemilikan ponsel ini, perbedaan usia pun turut andil dalam perbedaan jumlah tersebut.

Dalam penelitian tersebut, hampir 20% dari pengguna smartphone di Indonesia memiliki dua atau tiga perangkat. Namun, dari perbedaan rentang usia menyatakan bahwa usia 26 tahun hingga 30 tahun pengguna tersebut ada sekitar 30% memiliki dua atau tiga ponsel pintar.

di marketing_

Yang tak kalah menarik, penelitian mengenai penggunaan smartphone juga meluas hingga masuk dalam kebiasaan yang dilakukan pengguna dengan ponsel mereka. Di Indonesia, media sosial dan chatting diungkapkan sangat populer, bahkan masuk dalam deretan atas dunia.

Pengguna dengan usia muda dinyatakan lebih cenderung menyukai kegiatan bermain game mobile, mendengarkan musik dan menonton video. Sedangkan, di usia yang lebih tua hanya menyukai kegiatan dalam pengambilan foto atau memeriksa email masuk dalam ponsel pintar mereka.

Data seperti ini sangat berguna bagi pelaku industri untuk memetakan produk mana yang bakal disukai untuk kalangan tertentu. Sehingga bisa lebih fokus dalam mengembangkan dan memasarkan produknya.