ArenaLTE.com –  Meski kualitas internet 4G LTE secara rata-rata sudah lebih bagus dari teknologi generasi sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (XL) terus meningkatkan kualitas layanan 4G LTE XL untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan 4G LTE XL. Salah satu caranya dengan memperbesar alokasi penggunaan frekuensi dari semula 10MHz menjadi 15Mhz, peningkatan kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE XL ini ternyata berdampak positif pada jumlah pengguna layanan 4G LTE XL.

Seiring dengan semakin memasyarakatnya layanan 4G LTE di Indonesia, semakin banyak masyarakat yang memakainya. Jumlah pengguna layanan 4G LTE XL yang telah memanfaatkannya pun terus bertambah. Kini ada sekitar 6 juta (12%) pelanggan yang setiap hari mengakses layanan 4G LTE, meningkat secara signifikan dibandingkan dengan periode awal layanan 4G LTE diperkenalkan kepada masyarakat.

Direktur/Chief Service Management XL, Yessie D. Yosetya dalam keterangan resminya kepada ArenaLTE.com mengungkapkan bahwa kehadiran layanan 4G LTE XL di sebuah kota harus melihat mengenai tingkat adopsi teknologi layanan 4G LTE XL oleh masyarakat di kota tersebut, salah satu indikator yang paling bisa dilihat yaitu bisa ditunjukkan dari tingkat kepemilikan smartphone 4G.

foto selfieSecara nasional, hingga saat ini layanan 4G LTE dari XL sudah melayani pelanggan dan masyarakat di 58 kota/kabupaten. Akan menyusul segera tambahan beberapa puluh kota lagi hingga mencapai 100 kota/area hingga akhir tahun 2016 ini. Selain terus memperluas wilayah cakupan layanan 4G LTE, XL juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas layanan dari sisi teknis.

Kota-kota yang saat ini sudah mendapatkan layanan internet cepat 4G tersebut adalah Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Cirebon, Purwakarta, Sumedang, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Tegal, Pekalongan, Batang, Brebes, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pacitan.

Sementara itu di luar Jawa, layanan 4G LTE XL sudah bisa dimanfaatkan oleh pelanggan di Denpasar, Badung, Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Batam, Medan, Deli Serdang, Pekanbaru, Palembang, Banyuasin, Belitung, Banjarmasin, Banjarbaru, dan Manado

Layanan Pelanggan XL Jumlah Pengguna Layanan 4G LTE XLYessie D. Yosetya juga menambahkan jika PT XL Axiata Tbk (XL) sendiri terus berkomitmen untuk  mengembangkan layanan 4G LTE ini sebagai layanan utama bisnis XL di masa depan. Karena itu, XL harus mampu menghadirkan layanan 4G yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat hingga tahun-tahun di depan. Salah satu hal yang terus XL kembangkan adalah meningkatkan kualitas jaringan serta memperkaya ekosistem dengan mengembangkan berbagai produk digital

Pada sisi jaringan, 4G LTE XL telah menerapkan Network Functions Virtualization (NFV) sekaligus sebagai solusi untuk bisa mendukung strategi bisnis kami dalam memenangi kompetisi sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan. NFV menjadi salah satu solusi bagi XL untuk mampu mempercepat implementasi layanan-layanan baru berbasis 4G sesuai dengan strategi bisnis.

Secara khusus XL juga bekerja sama dengan salah satu social media favorit pelanggan dan masyarakat Indonesia, Facebook, untuk meningkatkan performa dan kualitas akses. Kerjasama tersebut berupa penempatan mirror cache aplikasi facebook di Data Center lokal milik XL.

xl 4g LTEXL juga men-deploy kapasitas sebesar 60G secara nasional, dengan komposisi 30G di area West  dan 30G area East,  yang telah selesai sejak pertengahan Juni 2016. Saat ini besarnya trafik XL ke arah Facebook sebesar 30G. Dengan adanya local mirror cache engine ini akan meningkatkan kualitas performa  akses ke Facebook, dibanding sebelumnya di mana harus akses ke server Facebook di luar negeri menggunakan direct peering di Singapura.

Sementara itu pada sisi produk, XL telah mengenalkan layanan-layanan berbasis 4G yang dibutuhkan mayarakat pada umumnya, antara lain digital entertainment Tribe dan Yonder Musik. Pengembangan produk terus dilakukan, salah satunya dengan mendorong layanan Internet of Thing (IoT) untuk mampu melahirkan layanan digital masa depan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah Smart Home dan Smart Power. Dalam cakupan yang lebih besar, XL juga serius untuk mengembangkan layanan digital untuk mengisi proyek-proyek Smart City.