ArenaLTE.com – Jumlah pengguna perangkat berbasis Android telah menyentuh batas spektakuler, yakni 1,4 miliar. Ini sebuah lonjakan yang fantastis, mengingat pada tahun lalu pengguna Android sudah ada dikisaran 1 miliar lebih. Ini artinya ada penambahan 400 ribuan pengguna.

Dikutip dari Ubergizmo.com (29/9/2015), Sundar Pichai, CEO Google, mengatakan bahwa Android menjadi pilihan banyak orang di dunia karena merupakan platform terbuka dengan Google Play sebagai bagian dari Android. Tidak hanya Android, produk Google yang lain seperti Youtube dan Chrome juga menjadi favorit orang di seluruh dunia. Awal tahun ini Google mengumumkan bahwa keduanya memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Disusul dengan Gmail yang memiliki 900 pendaftar.

Meski jumlah pengguna Android terus meningkat, tapi terjadi anomali. Dimana jumlah pengguna Android 5.0 dan 5.1 masih sepi alias sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pengguna Android Gingerbread (versi 2.3.3 sampai 2.3.7). Bahkan, Android Gingerbread masih unggul dibandingkan dengan Android Ice Cream Sandwich (versi 4.0.3 dan 4.0.4).

Berdasarkan data yang dirilis Google per 6 April 2015, Android Gingerbread unggul dengan persentase 6,4 persen. Untuk Android Ice Cream Sandwich persentase penggunaannya 5,7 persen. Sedangkan untuk platform generasi paling anyar Android Lollipop persentase penggunaannya hanya 5,4 persen.

Untuk peringkat teratas masih dipegang Android 4.4 KitKat dengan persentase 41,4 persen. Selanjutnya, diikuti Android Jelly Bean (versi 4.1.x, 4.2.x dan 4.3) dengan persentase penggunaan 40,7 persen. Sementara itu, sistem operasi lawas Android Froyo yang masih digunakan hingga saat ini hanya 0,4 persen.

Comments