ArenaLTE.com – Telkomsel melalui Teman Dev bersama Samsung menggelar ajang Indonesia Next Apps 2.0. Ajang ini menjadi salah satu cara mendorong developer lokal inovatif dan mempercepat perngembangan mereka dalam mendapat akses hingga tingkat regional. Tema yang menjadi fokus adalah Internet of Things (IoT)-based Smart Living, Health Services, dan On-Demand Economy Services.

Tapi Telkomsel bukan satu-satunya operator yang terlibat dalam Indonesia Next Apps 2.0. Selain melibatkan ‘si merah’, kompetisi ini juga didukung berbagai operator seluler di negara lainnya yang merupakan bagian dari Singtel Group, yaitu Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), dan Globe Telecom (Filipina). Dengan keterlibatan operator dari berbagai negara ini, start-ups yang terpilih dari kompetisi Indonesia Next Apps 2.0 akan memiliki kesempatan untuk memasarkan aplikasinya di pasar masing-masing negara tersebut bahkan ke tinggal regional Singtel Group.

Menurut Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu, Telkomsel melalui program Teman Dev menyambut event Indonesia Next Apps 2.0 dengan sangat antusias, “Sesuai dengan visi Telkomsel sebagai digital company, kami senantiasa mendukung kiprah para developer lokal, sebagai bagian dari ekosistem digital, untuk menciptakan aplikasi digital berkualitas.”

Bicara akses hingga tingkat regional, Vice President Business Development & COE Programme Office Singtel International Group, Oliver Foo menambahkan Singtel Group–Samsung Regional Mobile App Challenge adalah sebuah ajang bagi start-up terbaik di Indonesia yang ingin membawa aplikasinya ke level regional. Singtel Group dan Telkomsel berkomitmen untuk membantu start-up ini untuk mewujudkan ambisinya dengan jangkauan kami yang berjumlah lebih dari 550 juta konsumen dan pengalaman operasional di lebih dari 25 negara di Asia, Australia, dan Afrika.

“Samsung bekerja sama dengan Telkomsel mengajak para developer Indonesia melalui Indonesia Next Apps 2.0 membuka peluang baru dan membangun Indonesia yang lebih baik. Oleh karena itu, kategori Indonesia Next Apps 2.0 tahun ini berfokus pada IoT (Internet of Things), Health Services and On-Demand Economy Services. Kami yakin bahwa developer Indonesia dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan negara ini dengan menciptakan aplikasi yang sesuai,” pungkas Head of Samsung Mobile Product Marketing, Joedi Wisoeda.

Rangkaian program Indonesia Next App 2.0 akan dimulai dengan workshop di 2 kota, yaitu di Jogjakarta (Jogjakarta Digital Valley) pada 19 Agustus 2015, dan Bandung (GraPARI Digilife Dago) pada 21 Agustus 2015. Dua pemenang dari Indonesia Next App 2.0 akan mendapatkan hadiah total sebesar USD $20,000 dan berkesempatan diikutsertakan dalam Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge, dimana mereka akan diundang untuk program mentorship di Singapura sebagai persiapan sebelum dilakukan pitching pada Grand Final yang akan diadakan di Jakarta pada 8 Desember 2015.

Pemenang dari Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge akan menerima hadiah uang tunai sebesar SGD $10,000, dan mendapatkan Marketing Support baik dalam skala lokal maupun regional sehingga aplikasi atau layanan tersebut dapat dinikmati oleh lebih dari 550 juta pelanggan Singtel Group dilebih dari 25 negara. Peserta dapat mendaftar secara individu maupun tim (maksimal tiga orang) melalui microsite https://ina.dailysocial.net. Periode registrasi peserta dibuka sampai dengan tanggal 7 September 2015

Telkomsel melalui program Teman Dev juga mendukung industri digital kreatif di Indonesia dengan mengajak para pengembang aplikasi lokal untuk bekerja sama dengan Telkomsel termasuk partisipasi melalui event-event digital yang diadakan Telkomsel seperti The Next Dev, Indonesia Next Apps. Telkomsel juga aktif mendukung event-event digital yang diselenggarakan oleh parents company baik Telkom maupun Singtel.