ArenaLTE.com – PT Indosat Mega Media (IM2) tidak hanya fokus menjalankan bisnis. IM2 berkomitmen agar bisnis yang dijalankan mempunyai dampak positif kepada masyarakat luas. Anak perusahaan Indosat ini terpanggil untuk melakukan edukasi teknologi informasi ke berbagai pelosok daerah. Bahkan mengirimkan tim terbaiknya dalam bidang Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Sistem, yang merupakan pejabat top manajemen.

Pejabat top manajemen sengaja dikirim untuk lebih memberikan perspektif yang lebih luas dan memberi semangat pendidikan kepada para siswa SD di pelosok. Sekaligus untuk memahami dan mencari nilai lebih yang dapat diberikan IM2 di kemudian hari. Mereka akan berangkat dalam beberapa rombongan ke lokasi terpencil, termasuk Aceh Utara (Aceh), Muara Enim (Sumatera Selatan), Musi Banyuasin (Sumatera Selatan), Natuna (Kepulauan Riau), Nunukan (Kalimantan Utara), Banggai (Sulawesi Tengah), dan Pegunungan Bintang (Papua).

Program ini sendiri merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility / CSR) perusahaan, bekerja sama dengan lembaga pendidikan nirlaba, Indonesia Mengajar. “Ini merupakan bukti tanggung jawab sosial kami sebagai perusahaan terhadap pengembangan dunia pendidikan, termasuk pengenalan teknologi dan informasi sejak dini,” ujar Direktur Utama IM2 Ridwan F. Karsa, saat melepas rombongan pertama belum lama ini.

“Kami ingin turut hadir agar dikemudian hari IM2 dapat secara signifikan memberikan nilai lebih kepada dunia pendidikan di Indonesia, dengan mencari solusi teknologi terbaik, merekayasa sistem pengembangan sumber daya manusia terbaik, dan memberikan wawasan pengetahuan terkini yang tetap disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan,” tambahnya.

Ridwan pun menjelaskan, bersama para Pengajar Muda dalam Program Indonesia Mengajar, ia berharap kontribusi karyawan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat disana. “Ini membuat mereka menjadi semakin berwawasan dan terampil sebagai modal untuk mandiri dan berdaya.”

IM2 sendiri kerap memberikan edukasi seputar teknologi informasi kepada masyarakat. Sejak 2005 mereka telah menjalankan Program Hosting Student Visit. Pada tahun 2010, IM2 memiliki Program unggulan berupa “IM2 Android Application Contest”. Event ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, sehingga melahirkan event rutin mingguan bertajuk “Weekly Bootcamp Android” yang diadakan selama tahun 2011.

IM2 juga menjalankan komitmen pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pada 2011, mereka menyelenggarakan beberapa workshop dan seminar untuk UKM yang bertujuan untuk mendidik UKM dalam membuat sebagian besar aplikasi internet untuk membantu mereka mengembangkan bisnis.