ArenaLTE.com – Vendor asal Shenzhen, Huawei belum lama ini telah meluncurkan solusi keamanan SDN (Software Defined Network) yang menawarkan jaminan pada aplikasi enterprise yang melakukan hosting pada sistem cloud. Mengacu pada basis komponen inti dari Agile Controller, virtualisasi pada perangkat hardware mampu menawarkan berbagai layanan untuk memenuhu kebutuhan berlangganan secara online.

Solusi keamanan pada SDN ini juga mampu menyebarkan fungsi otomatis untuk mendukung efisiensi pada perlindungan layana di sistem cloud. Dikutip dari Telecomasia.net (21/9/2016), dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan cloud, ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan fleksibilitas.

Sebelum masa ini harus diakui perusahaan jarang mempertimbangkan sistem keamanan pada jaringan datanya. Dalam terminology data storage, semua penyimpanan, komputaso, sumber daya jaringam serta penyesuaian sumber keamanan tidak bisa lagi beradaptasi dengan perkembangan layanan yang lebih cepat, fleksibel dan hemat biaya.

Penggelaran layanan berbasis cloud digadang mampu menghilangkan batas-batas keamananĀ  pada jaringan, untuk itu elemen virtual machine sangat membutuhkan perlindungan lapisan keamanan yang efeftif.

Layanan data center menghadapi risiko keamanan yang lebih parah setelah teknologi SDN digunakan, pasalnya paparan risiko ditemui pada golongan ini. Hadirnya solusi keamanan pada SDN dari Huawei diharapkan dapat menjamin hadirnya layanan cloud yang inovatif, terukur dan efisien, sehingga pada akhirnya dapat mempercepat perusahaan dalam menghadapi transformasi bisnis.

Software-defined networking (SDN) adalah konsep pendekatan jaringan komputer dimana sistem pengkontrol dari arus data dipisahkan dari perankat kerasnya. Umumnya, sistem pembuat keputusan kemana arus data dikirimkan dibuat menyatu dengan perangkat kerasnya. Penerapan pada jaringan seluler dapat menyederhanakan desain topologi dan pengelolaan insfrakstuktur jaringan seluler. Selain itu juga memungkinkan operator untuk menambahkan layanan baru kepada pelanggan.