ArenaLTE.com – Pasti Anda pernah mengalami tak mendapat sinyal saat ingin berkomunikasi atau mengirim pesan singkat. Ini sangat menyebalkan, karena saat itu Anda jauh dari jaringan. Namun, dengan GoTenna masalah ini dapat diatasi karena perangkat ini mampu menjadi penyambung sinyal radio langsung dengan perangkat GoTenna. Perangkat ini mampu mengirimkan pesan singkat dan membagikan lokasi GPS dengan keluarga atau teman.

GoTenna terhubung melalui koneksi Bluetooth dengan smartphone Android dan iPhone, dengan aplikasi. Aplikasi khusus ini  memungkinkan smartphone menerima dan mengirim data ketika antena dipanjangkan 15 hingga 20 sentimeter.

Dengan GoTenna pengguna smartphone tetap dapat terkoneksi dengan ‘dunia luar’ meski tiada sinyal seluler dan WiFi. Malahan lewat perangkat berdimensi 147,3 x 25,4 x 12,7 mn dan berat 57 gram, pengguna dapat mengirimkan share GPS locations, smart messaging 1-1 atau grup, SMS, broadcast message, dan jaminan safe and secure connection.

Pertanyaannya bagaimana bisa? Terlebih goTenna tidak mengaiktan teknologi telepon satelit. Dikutip dari situs resminya gotenna.com, perangkat ini bekerja dengan mengandalkan frekuensi radio VHF (Very High Frequency) 2W. Dengan frekuensi VHF, maka pancaran sinyal dari goTenna dapat beroperasi di area dengan kedudukan tinggi maupun rendah, di daerah yang lapang maupun padat (urban). Disini peran pengembang juga sebagai penyedia layanan, sebagai penyedia layanan, GoTenna yang akan meng-convert pesan dari pengguna di jaringan GoTenna ke penerima yang berada di jaringan seluler. Untuk layanan jasa ini, GoTenna mematok tarif US$18 per bulan. Sementara harga perangkatnya dipatok US$60.

Dari sisi perangkat, modul goTenna terhubung ke smartphone lewat Bluetooth. Sudah barang tentu pengguna harus meng-install aplikasi goTenna di dalam ponselnya. Untuk smartphone pendukung, GoTenna dapat digunakan di OS Android dan iOS. Dalam rilisnya disebut, GoTenna dirancang untuk kebutuhan para petualang alam. Untum ketahanan, perangkat memang tidak anti air, tapi tahan air, debu dan benturan. Sebagai sumber tenaga adalah batetai lithium polymer dengan waktu siaga hingga 72 jam.