ArenaLTE.com – Baru-baru ini, tim keamanan Google mengumumkan hadirnya beberapa Fitur Keamanan Gmail terbaru mereka. Fitur ini dihadirkan untuk para pengguna Gmail guna membantu meningkatkan keamanan email yang mereka miliki.

Update fitur terbaru ini juga termasuk menambahkan beberapa perangkat yang bermanfaat bagi para pengguna Gmail seperti tambahan enkripsi email, perbaikan peringatan fitur browsing yang aman dari Google dan pemberitahuan tambahan mengenai serangan berbahaya lainnya yang menargetkan pengguna Gmail.

Fitur keamanan gmail terbaru (2)Perbaikan standar enkripsi untuk fitur keamanan gmail terbaru ini sudah dimulai sejak beberapa minggu lalu di Safer Internet Day ketika Google meluncurkan elemen visual baru untuk para pengguna Gmail. Sebuah ikon kecil beriap kunci berwarna merah sekarang akan muncul untuk memperingatkan pengguna jika menggunakan layanan pesan email yang tidak mendukung fitur enkripsi email. Google mencatat bahwa sejak mereka menerapkan perubahan tersebut, terjadi peningkatan penggunaan koneksi terenkripsi untuk email sebesar 25%.

Untuk membantu mendorong jumlah penggunaan email terenkripsi yang lebih tinggi lagi, Google mengungkapkan jika mereka telah bermitra dengan pelaku industri lainnya seperti Comcast, Microsoft dan Yahoo untuk menyerahkan draft spesifikasi IETF untuk “SMTP Strict Transport Security.” Standar ini dirancang untuk membantu memastikan email yang dikirim menggunakan koneksi yang terenkripsi danmemastikan bahwa enkripsi TLS ini beroperasi sebagaimana mestinya.

Fitur keamanan gmail terbaru (3)Terkait dengan link ke situs web yang memiliki potensi bahaya, Google sedang mengembangkan sebuah alat browsing yang aman untuk melindungi web browser dan penyedia layanan email lainnya. Google sudah membantu melindungi para pengguna Gmail dengan mengidentifikasi situs-situs tersebut melalui pesan email yang dikirim. Jadi kertika pengguna Gmail melakukan klik pada link tersebut akan tampil sebuah peringatan tambahan mengenai bahaya yang kemungkinan besar akan mereka hadapi.

Bagi pengguna yang sering mendapati dirinya sebagai korban dan menjadi menjadi sasaran berbagai serangan sponsor berbahaya yang datang melalui email, akan muncul sebauh halaman peringatan yang baru yang disertai berbagai saran penting untuk dapat membantu pengguna terlindungi dari serangan email yang berbahaya. Untuk mengaktifkannya mungkin diperlukan beberapa langkah pengaturan seperti menyiapkan otentikasi khusus dan penggunaan kunci keamanan khusus.Fitur keamanan gmail terbaru (1)