ArenaLTE.com – Saat ini, hampir semua perangkat komputasi yang terkoneksi internet rentan terhadap serangan hacker. Begitu pun halnya dengan perangkat TV pintar yang ada saat ini. Ketika TV sudah berkonvergensi menjadi smart TV, maka asupan OS (operating system) khas smartphone pun ikut terlibat guna menunjang kinerjanya. Samsung sebagai salah satu pionir di segmen smart TV, baru-baru ini telah mengumumkan solusi keamanan baru untuk TV pintar bertenaga Tizen, GAIA.

GAIA yang merupakan solusi keamanan tiga lapis, dibangun khusus untuk platform smart TV berbasis Tizen. Menurut mereka, GAIA menjanjikan perlindungan di semua bidang ekosistem TV pintar dan tidak terbatas pada perangkat lunak, layanan serta keamanan hardware.

Sistem keamanan ini diyakini bisa melindungi informasi pribadi konsumen seperti kartu kredit atau password. Samsung akan menghadirkan GAIA di seluruh perangkat TV pintar produksi mereka yang meluncur mulai tahun 2016 mendatang.

“GAIA adalah solusi yang akan memberikan pelanggan Samsung keamanan dan ketenangan dalam menggunakan perangkat Smart TV mereka,” kata Hyun Suk Kim, Presiden Visual Tampilan Samsung Electronics, seperti dikutip dari Ubergizmo.com (30/12/2015).

Salah satu smart TV yang dimaksud adalah Samsung SUHD TV yang telah diluncurkan di Indonesia. SUHD TV ini diklaim menjadi sebuah inovasi teknologi TV terdepan yang menghadirkan standar terbaru di Indonesia, serta dapat meningkatkan pengalaman menonton para penggunanya ke level yang lebih tinggi.

Samsung SUHD dilengkapi teknologi Nano Crystal, yang dapat menghasilkan 1,2 kali jangkauan warna yang lebih luas. Diperkuat oleh 10 bit panel yang dapat menghasilkan warna 64 kali lebih detail jika dibandingkan dengan TV konvensional.

TV ini juga didukung remastering engine yang dapat menganalisis tingkat kecerahan dan dapat meningkatkan kecerahan lebih dari 2,5 kali sehingga mampu menghasilkan tampilan warna yang paling akurat. SUHD TV tersedia dalam dua seri, JS9000 ukuran 55 inci dengan harga Rp 59 juta, 65 inci seharga Rp 82 juta, dan JS9500 ukuran 78 inci seharga R 140 juta.