ArenaLTE.com – PT Link Net Tbk, penyedia layanan internet dan multimedia terpadu melaporkan pertumbuhan bisnis yang cemerlang. Perusahaan yang dikenal dengan merek First Media tersebut mencatatkan pendapatan yang meningkat 14% sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2016. Selain itu juga berhasil menembus lebih dari satu juta pelanggan broadband dan TV berbayar di Indonesia. Bermodal pencapaian tersebut, mereka meluncurkan layanan smart living atau rumah pintar.

Meena K. Adnani, Content & Marketing Director PT Link Net Tbk, mengatakan First Media telah membuat langkah signifikan dan berhasil menjadi market leader di kota-kota besar yang menjadi area layanan. Di momen perayaan 20 tahun beroperasi, kami mengumumkan pencapaian lebih dari satu juta pelanggan atau setara dengan 5 juta pengguna yang telah menikmati layanan First Media.

“Kami akan terus mempertahankan posisi kami sebagai yang terdepan dengan menghadirkan produk inovatif dan layanan nilai tambah yang terintegrasi, salah satunya dengan menghadirkan produk terbaru, yakni layanan Smart Living yang akan semakin menambah kenyamanan dan keamanan pelanggan,” kata  Meena, dalam peluncuran layanan smart living, di Lippo Mall Kemang, Jakarta (18/11).

Peluncuran layanan smart living oleh First Media di Jakarta
Peluncuran layanan smart living oleh First Media di Jakarta

Dijelaskan lebih lanjut, konsep layanan Smart Living menawarkan solusi keamanan terpadu di rumah untuk memberikan rasa aman kepada pelanggan First Media. Layanan terbaru ini terdiri dari kamera pengawas (video surveillance), deteksi penyusupan (intrusion detection) dan sistem keamanan otomatis (automated security). Solusi terbaru ini juga terintegrasi dengan smartphone sehingga memungkinkan pelanggan untuk memantau keadaan rumahnya kapan saja dan di mana saja dengan dukungan cloud storage.

Sementara itu Desmond Poon, Chief Technology Officer PT. Link Net Tbk. mengatakan saat ini, internet memiliki fungsi yang semakin beragam. Tidak hanya untuk saling menghubungkan orang dan mencari atau berbagai informasi, internet juga menyatukan orang, proses pengiriman informasi, data dan perangkat menjadi suatu informasi yang lebih berharga dan relevan atau dikenal dengan Internet of Things.

“Smart Living adalah salah satu contoh Internet of Things dimana pelanggan dapat menikmati manfaat konektivitas internet untuk solusi keamanan rumah yang terpadu dengan harga yang terjangkau,” jelas Desmond.

Ditawarkan dengan harga yang terjangkau, namun memiliki kemampuan dan fitur canggih, paket layanan Smart Living, meliputi indoor camera, home getaway, door/window sensor, 4 in 1 wireless motion sensor dan wireless siren & strobe alarm yang aktif selama 24 jam x 7 hari. Selain itu, First Media juga menawarkan tambahan perangkat sepeti outdoor camera dan power monitor.

  • Indoor Camera

Memiliki kemampuan untuk bergerak ke atas, ke bawah dan ke samping (kanan – kiri) dan dapat mengambil gambar jika mendeteksi gerakan dari motion sensor.

  • Home Gateway

Menghubungkan seluruh perangkat Smart Living yang terkoneksi dengan modem pelanggan.

  • Door/ Window Sensor

Memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerakan pintu atau jendela dan mengirim sinyal ketika pintu atau jendela dibuka atau ditutup.

  • 4 in 1 Wireless Motion Sensor

Memiliki fitur multi sensor untuk sensor gerakan, sensor suhu, sensor kelembapan dan sensor pencahayaan.

  • Wireless Siren & Strobe Alarm

Mengeluarkan suara sirene yang keras dan lampu alarm akan menyala bila perangkat ini menerima tanda bahaya.

  • Outdoor Camera

Mengambil gambar ketika mendeteksi gerakan dari motion sensor.

  • Power Monitor

Mengatur pengiriman sinyal kepada perangkat yang terkoneksi dengan modul ini saat menerima sinyal dari pengatur otomatis atau switch manual dan tidak akan mengganggu power outlet lainnya ketika dicolokkan ke AC outlet.

Layanan Smart Living dilengkapi dengan aplikasi Z Wave, dengan aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah menggunakan Smart Living. Z wave sudah dapat diunduh secara gratis di IoS maupun Android.

Produk terbaru dari First Media ini juga memberikan layanan nilai tambah lainnya yang meliputi dukungan teknis 24/7, akses global dari mana pun melalui Smartphone dan tablet, kemampuan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan dari aplikasi mobile serta membuat dan mengelola otomatisasi atau pengaturan untuk memaksimalkan Smart Living.

Selain peluncuran layanan Smart Living, First Media juga menghadirkan First Reward yang merupakan loyalty program sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan setia First Media. “Sebagai perusahaan yang berfokus pada pelayanan pelanggan (customer centric), kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Karenanya, kami hadirkan First Reward yang meliputi berbagai program, diantaranya First Cinema, First Bonus, dan First Card yang didedikasikan secara khusus bagi pelanggan. Kami bersinergi dengan perusahaan Lippo Group lainnya dan premium content providers serta berkolaborasi dengan korporasi lainnya untuk pelayanan yang maksimal (super serve) dengan benefit yang terintegrasi dan kaya akan konten,” Meena K. Adnani menambahkan.