ArenaLTE.com – Disadari atau tidak, pembukuan adalah salah satu aktivitas yang sangat penting bagi suksesnya sebuah bisnis atau usaha. Di era serba digital seperti sekarang ini, pelaku usaha dan UKM bisa memanfaatkan sebuah solusi pembukuan secara online menggunakan aplikasi akuntansi online bernama Jurnal.

Jurnal adalah sebuah software sistem akuntasi online yang simple dan memudahkan dalam melakukan pembukuan akuntansi bagi para pengusaha dan bagian akunting dengan biaya yang terjangkau.

Dengan memanfaatkan teknologi cloud, software jurnal ini dapat diakses secara online sehingga para pengusaha bisa mendapatkan laporan keuangan untuk memantau perkembangan usaha atau bisnisnya kapan pun dan di mana pun.

akuntansi online jurnalAnthony Kosasih, Founder dari Jurnal.id. dalam seminar SMESCO Excellent Entrepreneurs mengungkapkan bahwa selain produk dan strategi pemasaran, pembukuan yang baik juga akan menunjang keberhasilan sebuah usaha.

Saat ini para pengusaha masih banyak yang menggunakan sistem pembukuan akuntansi manual. Sistem tersebut seringkali membuat pengusaha kesulitan untuk mendapatkan informasi kemajuan keuangan usahanya secara langsung atau realtime karena membutuhkan waktu mensinkronisasi antara buku yang satu dengan lainnya.

Jurnal diciptakan untuk membantu para pengusaha agar pengusaha dapat lebih mudah untuk melakukan aktivitas pembukuan akuntansi online untuk usaha atau bisnisnya. “Semua kebutuhan pembukuan akuntasi bisa didapat dalam 1 dashboard yang ada di Jurnal, mulai dari pencatatan penjualan dan pembelian, inventory, arus kas, buku besar, dan lain sebagainya”, ungkap Anthony.

Anthony juga menerangan jika aplikasi pembukuan akuntansi online ini juga sangat mudah digunakan. Tidak perlu menjadi seorang yang ahli, karena aplikasi ini sudah menyediakan panel‐panel yang user friendly serta diberikan juga manual penggunaannya.

akuntansi online jurnalMemiliki model bisnis berlangganan, Jurnal.id mengakui tantangannya sejauh ini ialah mendorong penggunaan teknologi baru pada pengusaha yang masih konvensional. “Kendala utama kami adalah mendorong penggunaan teknologi baru kepada para pengusaha yang sudah memiliki kebiasaan tradisional pembukuan, takut akan pajak, dan belum terbiasa memakai software,” katanya.

“Kami harus mengedukasi para pengusaha, menyampaikan manfaat yang akan dirasakan beserta cara menggunakan akuntansi online. Lalu kami juga harus terus mengingatkan pengguna untuk melakukan hal-hal kecil di Jurnal.id untuk membangun kebiasaan mereka menggunakan teknologi,” pungkas Anthony.