ArenaLTE.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada hari-hari seputar Lebaran, baik menjelang atau selama libur panjang, pelanggan XL banyak menanyakan mengenai paket layanan, termasuk paket data dan internet, juga mengenai paket telepon dan SMS. Selain itu, pelanggan juga diprediksi akan banyak menanyakan mengenai sinyal jaringan kepada Customer Care XL terutama di jalur area mudik yang akan dilaluinya.

Selain mempersiapkan jaringan yang handal untuk menghadapi musim mudik yang biasanya akan membuat trafik data dan voice akan meningkat berlipat-lipat, PT XL Axiata Tbk (XL) juga fokus menyiapkan layanan pelanggan atau Customer Care XL dalam menghadapi Lebaran tahun ini.

Kesiapan tersebut antara lain berupa penerapan penanganan operasional yang efektif, sistem monitoring dan penjadwalan hingga penambahan petugas. Kesiapan layanan pelanggan XL ini searah dengan kesiapan divisi lainya, antara lain marketing dan network.

Vice President Customer Experience Management & Contact Management XL, Noviyus Kurniawan, mengatakan, “Dari sisi layanan pelanggan tentunya XL mempersiapkan untuk tetap memberikan pelayanan prima agar pelanggan tetap bisa secara maksimal memanfaatkan layanan XL selama liburan panjang. Biasanya saat Lebaran memang terjadi kenaikan panggilan melalui layanan Customer Care XL. Tahun lalu naik sekitar 15%.”

Customer Care XLNoviyus menambahkan, selain melayani pelanggan melalui saluran telepon 817 dan email customerservice@XL.co.id, saat ini XL juga melayani pelanggan melalui saluran XLCare di social media Twitter dan Facebook serta XL Center yang lokasinya tersebar secara nasional. Pada hari-hari biasa, call center XL menerima sekitar 15 ribu panggilan per hari. Sementara itu, untuk di social media terdapat rata-rata 3.800 mention per hari dan XL Center rata rata 7000 visit per hari.

Customer Care XL sendiri memiliki 2 kantor, yaitu di Jakarta dan Yogyakarta. Ada sebanyak 675 petugas di kedua lokasi. Sebanyak 16 orang di antaranya bertugas melakukan layanan pelanggan melalui saluran social media. Seiring dengan terus meningkatnya interaksi pelanggan melalui social media, XL juga terus melakukan pengembangan layanan melalui saluran ini. Termasuk dengan menambah jumlah petugasnya. Layanan Call Center beroperasi selama 24 jam sehari selama 7 hari sepekan.