ArenaLTE.com – Situs belanja Blibli.com melengkapi ekosistem e-commerce-nya dengan sistem pergudangan modern dan layanan ekspedisi Blibli express. Hingga saat ini, ada tiga warehouse atau gudang penyimpanan barang di Jakarta, yakni di Cakung, Batu Ceper, dan Cawang dengan total area seluas 16.000 m2. Gudang (warehouse) Cawang adalah yang terbaru dan diresmikan Rabu kemarin (22/6/2016).

“Sistem pergudangan modern yang kami punya menaungi semua alur proses, mulai dari saat kali pertama barang masuk (inbound), tahapan QC, penyimpanan, processing order, packaging, hingga barang siap dikirim (outbond) melalui Blibli Express maupun partner ekspedisi Blibli.com,” kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Blibli-Warehouse-packing

Menurutnya, dengan mengandalkan sistem kontrol yang rapih dan modern, pihaknya bisa menekan angka kesalahan dalam processing order, mulai dari proses pemesanan, sinkronisasi stock, QC, packaging hingga pengiriman barang. Diungkapkan, Blibli.com juga tengah menyiapkan 6 gudang tambahan dengan total area seluas 200.000 m2, lengkap dengan 200 fullfilment center yang ditargetkan akan selesai di 2018.

Lebih lanjut, Kusumo menyebut bahwa sistem pergudangan modern Blibli.com didesain untuk mengotomatisasi alur proses. Semua proses dilakukan menggunakan perangkat digital yang terintegrasi dengan sistem. Sehingga lebih efisien dan almost zero mistake.

Membangun Ekosistem E-Commerce yang Nyaman 

Kusumo Martanto, CEO Blibli.com
Kusumo Martanto, CEO Blibli.com

Kusumo menjelaskan, pembangunan warehouse Blibli.com tersebut sebagia upaya untuk menunjukkan eksistensinya sebagai pelaku ecommerce yang berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online aman, nyaman, mudah, menyenangkan, dimana saja dan kapan saja.

E-commerce lebih dari sekadar berjualan secara online, melainkan tentang bagaimana membuat ekosistem yang aman dan nyaman untuk seluruh stake holder belanja online. Untuk itu, kami fokus menghadirkan value ke dalam e-commerce,” kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Kenyamanan menjadi hal yang dikedepankan sejak kali pertama didirikan pada tahun 2011 silam. Mulai dari membangun e-commerce dengan platform yang mudah dan nyaman di akses lewat berbagai jenis perangkat, hingga menghadirkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan beragam jenis kebutuhan. 

Pihaknya juga membuat layanan pengembalian produk dengan batas waktu klaim 15 hari setelah produk diterima pelanggan. Selain itu juga menghadirkan layanan Customer Care 24/7, yang siaga membantu pelanggan dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanan Blibli.com, termasuk selama bulan Ramadhan ini.

Pihaknya juga serius membangun ekosistem e-commerce dalam upayanya menghadirkan end to end solution bagi para online shoppers.

“Kami tidak hanya concern pada front end solution, tapi juga back-end-nya. Karena kami percaya bahwa jaminan kualitas harus didukung sistem terintegrasi, mulai dari sistem manajemen di gudang penyimpanan, manajemen stock, sistem quality control, proses packaging (pengemasan), hingga pengiriman barang yang tepat waktu,” sambung Kusumo Martanto.