ArenaLTE.com – Pergantian tahun sering kali beriringan dengan hal baru, entah itu suasana maupun hal lainnya. Dan tentunya, perangkat mobile menjadi bagian yang kerap direncanakan untuk diganti dengan yang lebih baru, terlebih setiap tahunnya model dan kemampuan selalu bertambah. Namun demikian, perangkat mobile baik itu smartphone maupun tablet yang sudah diganti menjadi pertanyaan. Berikut kebiasaan banyak orang terhadap perangkat lama setelah menggantinya dengan yang baru, menurut penelitian Blancco.

Blancco adalah perusahaan keamanan data yang saat ini menemukan penelitian terbaru mereka, mengungkapkan tentang 1.000 pemilik perangkat mobile yang berencana mengganti gadget lama mereka dengan yang baru. Banyak hal yang direncanakan oleh pemilik, termasuk harus melakukan apa untuk perangkat lama mereka.

Dalam penelitian Blancco diutarakan bahwa dari 1.000 responden ada sekitar 45% dari pengguna ini akan melakukan pembelian perangkat mobile baru. Mereka juga kerap disebutkan akan melakukan penjualan perangkat lamanya, untuk mendapatkan tambahan dana pembelian perangkat baru. Meski juga tak sedikit disebutkan tetap akan menggunakannya.

Selain itu, dalam penelitian Blancco seperti dilansir dari laman Business insider disebutkan bahwa ada sekitar 22% hingga 45% dari pengguna, akan memberikan perangkat mobile lama mereka kepada orang yang dicintai atau kepada keluarga. Namun, ada sekitar 14% dari pengguna lama tidak melakukan hal apapun terhadap perangkat lama mereka, alias membiarkannya begitu saja.

Baca : 
Ini Jajaran Smartphone Oppo dari Awal Kehadirannya Hingga 2016
Ancaman IoT, Hacker Gunakan Perangkat Terkoneksi Bikin Pasukan Botnet

Jika Anda salah satu dari banyak yang berencana upgrade, maka Anda bisa mencari tahu apa sebenarnya yang harus dilakukan dengan handset lama Anda. Mengikuti para korespondensi yang ada dala penelitian Blancco, atau memiliki perhitungan dan cara sendiri dalam melakukan perangkat lama Anda.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dibanding menghilangkan fungsi perangkat lama Anda, bahkan mendiamkannya begitu saja. Banyak dari pengguna yang mengganti perangkat baru mereka mengubahnya menjadi perangkat berbeda. Seperti halnya dijadikan sebagai WiFi router saja, atau perangkat cadangan utama.

Blancco

Berikut ini adalah daftar aktivitas dalam grafik penelitian Blancco, terhadap perilaku pengguna perangkat mobile  yang telah melakukan pergantian perangkat lama mereka dengan yang baru. Seperti halnya akan memberikan kepada orang yang dicintai atau keluarga sebesar 22%, menukarnya dengan perangkat baru atau melakukan upgrade jaringan perangkat sebesar 18%.

Menukar dengan produk baru dari sisi manufakturing atau mengganti merek sebesar 14%, namun ada yang hanya membiarkannya saja sebesar 14%. Menjual kembali perangkat mereka di situs jual-beli sebesar 9%, serta melakukan recycle-it sebesar 5%. Menjual perangkat lama langsung ke toko sebesar 4%, serta mendonasikan perangkat ke acara sosial atau organisasi sosial 3%. Dan sebesar 2% melakukan penghancuran perangkat. Di posisi manakah Anda?