ArenaLTE.com – Ada kabar gembira bagi pengguna Apple Pay dan penikmat kopi. Pasalnya, kini Apple telah bermitra dengan Starbucks sebagai sarana transaksi menggunakan Apple Pay untuk membayar secangkir Frappuccino kesukaan Anda. Memang tidak benar-benar berlangsung hari ini. Pastinya mulai tahun depan pengguna Apple Pay dapat memanfaatkan iPhone atau Apple Watch untuk melakukan register di seluruh negeri. Yang dimaksud negeri disini sayangnya bukan Indonesia, melainkan untuk tahap awal baru ada di wilayah AS sebagai percontohan.

Tidak hanya di Starbucks, nantinya Apple Pay juga dapat digunakan di dua jaringan retail makanan lain, yakni KFC (Kentucky Fried Chicken) dan Chili’s mulai tahun 2016.

Jennifer Bailey, head of Apple Pay menyampaikan kabar di ajang Code/Mobile conference di The Ritz-Carlton, Moon Bay, California. “[KFC] memiliki tempat khusus di hati saya – itu adalah pekerjaan pertama yang pernah saya lakukan. Kami melihat banyak dukungan untuk layana  cepat saji dengan kebutuhan untuk pembayaran cepat ” kata Bailey .

Bailey mengemukakan bahwa di masa depan, tempat makanan seperti Chili’s mungkin akan membiarkan pelanggan memesan dari menu dan membayar melalui ponsel mereka, yang akan menghapus kebutuhan untuk beberapa server dan secara teoritis mempercepat proses.

Ketika Apple Pay pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2014, kritikus memperkirakan bahwa solusi tersebut tidak akan bekerja di banyak toko. Selama tahun lalu, Apple telah perlahan-lahan melakukan pendekatan – meskipun cakupannya masih jauh dari komprehensif – program loyalitas toko dan terintegrasi untuk mendekatkan diri pada retailer.

Starbucks saat ini sudah memiliki sistem pembayaran mobile yang sangat sukses dan dibangun ke dalam aplikasi sendiri. Dari aplikasi ini telah menyumbang 20 persen dari semua total transaksi di Starbucks. Layanan yang terhubung ke program loyalitas Starbucks yang berarti orang yang menggunakan aplikasi mereka untuk membayar mendapatkan reward dalam prosesnya. Bailey menolak berkomentar apakah pelanggan Starbucks yang menggunakan ApplePay nantinya akan mendapatkan hadiah dari Starbucks untuk transaksi tersebut.