ArenaLTE.com – Bebenah, itulah kata yang tepat ditunjukkan ke perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi, Uber. Upaya memudahkan pengguna dalam menjalankan aplikasi kini diterapkan perusahaan dengan mengubah desain aplikasi uber yang diungkapkan akan lebih friendly. Nantinya, aplikasi uber baru akan tampil hanya dengan satu tombol saja.

Aplikasi Uber memang dapat dimanfaatkan sebagai teknologi untuk membantu mobilitas warga kota. Dari kehadirannya sejak tujuh tahun lalu di San Francisco, perusahaan mengawali niat dengan menghadirkan aplikasi untuk pengguna agar bisa mendapatkan tumpangan dengan hanya menekan satu tombol. Namun sayangnnya, perkembangannya membuat aplikasi justru terlihat cukup merepotkan.

Perkembangan aplikasi uber dalam memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengakomodir mobilitasnya memang cukup komplit. Bahkan, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan untuk mengantar ke tempat tujuan saja, beragam menu layanan pun telah dihadirkannya, mulai dari uberBLACK, uberX, hingga uberPOOL, yang membantu mobilitas jutaan warga di 450 kota setiap harinya.

aplikasi uber

Namun sayangnya, seiring perkembangan itu juga sistem aplikasi terlihat kompleks. Melihat adanya sistem yang panjang dalam proses pemesanan, perusahaan kini mengungkapkan akan melakukan evolusi baru dalam aplikasi uber. Sistem satu tombol pun dirasa cukup untuk membuat nyaman pengguna, sehingga nantinya pengguna akan lebih mudah dalam pengoperasian aplikasi uber.

Baca : 
Cara Menggunakan Fitur Baru Uber untuk Menjadwalkan Perjalanan
Bermasalah dengan Uber? Ini Mekanisme Komplain Pelanggan

Dalam siaran resminya, uber mengungkapkan bahwa semenjak pembaharuan desain yang terakhir yang dilakukan pada tahun 2012, aplikasi menjadi semakin rumit dan sulit dinavigasikan. Untuk menghadirkan kembali pengalaman Uber orisinal yang bersih dan mudah tanpa mengorbankan keberagaman pilihan yang ingin dinikmati oleh para pengguna, kami membangun kembali aplikasi penumpang yang lebih cepat dan lebih pintar.

“Kami merancang aplikasi Uber baru sesuai dengan kebutuhan Anda, seiring dengan keyakinan kami bahwa waktu Anda sangat berharga dan Anda harus selalu bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Kini, masa dimana aplikasi setiap pengguna terlihat sama telah berakhir.  Pengalaman Uber yang baru dibangun dari pertanyaan sederhana: “Mau kemana?”, karena Anda menggunakan Uber untuk menuju ke suatu tempat, atau bertemu seseorang. Bermula dari tujuan Anda, kami menghadirkan pengalaman perjalanan khusus untuk Anda,” tulis pesan rilis dalam surat elektronik ke redaksi arenalte.com.

aplikasi uber

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa nantinya aplikasi Uber yang baru telah belajar dari rutinitas pengguna. Pengguna yang menjalankan aplikasi Uber,  akan melihat tombol cepat yang memprediksikan ke mana Anda mungkin akan pergi. Artinya, pengguna bisa mulai bergerak hanya dengan menekan satu tombol. Selain itu, pengembangan nantinya pengguna dapat menghubungkan kalender dengan Uber. Begitu terkoneksi, semua rapat dan pertemuan akan otomatis tampil di jajaran tombol cepat tersebut, sehingga  tidak perlu lagi membuka aplikasi lain untuk mencari alamat tujuan.

“Kami tahu bahwa para pengguna sering menggunakan Uber untuk bertemu teman atau kerabat, baik dalam acara makan malam atau bahkan konser. Karenanya, seringkali lokasi tujuan Anda mungkin adalah seseorang. Tapi, untuk menemukan di mana tepatnya seseorang tersebut, Anda harus berkomunikasi berkali-kali. Kami akan segera meluncurkan fitur baru yang kami sebut “people are new places” yang memungkinkan Anda memasukkan nama orang sebagai tujuan. Anda cukup mensinkronkan kontak ponsel pintar Anda dengan aplikasi, masukkan nama orang tersebut di kotak pencarian dan begitu kontak tersebut berbagi lokasi, Anda bisa segera bergerak,” dalam keterangan rilis Uber.

Dalam rilis juga diterangkan bahwa setelah pengguna memberitahukan ke mana tujuan akan pergi, pengguna bisa menentukan bagaimana akan ke sana. “Kami tahu Anda ingin menggunakan kendaraan tertentu untuk momen tertentu. Bila Anda ingin tiba dengan cepat, mungkin Anda akan memilih uberMOTOR. Jika Anda ingin menghadiri suatu pertemuan dan bersiap-siap dalam perjalanan, mungkin Anda akan memilih uberX. Bila Anda ingin menghadiri suatu pesta, Anda dapat memilih uberBLACK,” jelas pihak Uber.

Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai evolusi aplikasi uber terbaru ini akan dimulai kapan. Selain itu juga, tidak ada detail spesifikasi aplikasi uber terbaru nanti akan masuk dalam versi berapa.