ArenaLTE.com – Raksasa teknologi asal Tiongkok Alibaba baru saja mengumumkan kolaborasinya dengan perusahaan semikonduktor asal Amerika AMD. Keduanya sepakat bekerjasama dalam dengan penggunaan teknologi GPU AMD Radeon untuk memperkuat penelitian dan akselerasi dari adopsi layanan komputasi awan Alibaba Cloud.

“Ini adalah visi kami untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti AMD untuk memberdayakan bisnis di setiap industri dengan teknologi mutakhir dan kemampuan komputasi, “kata Simon Hu, presiden Alibaba Cloud.

Menurutnya, kemitraan antara AMD dan Alibaba Cloud akan membawa kedua pelanggan dari perusahaan ini menjadi lebih beragam, solusi pemrosesan grafis berbasis cloud.

Baca :
Tingkatkan Kemampuan, GPU Open source AMD Optimalkan Pada Photorealistic Renderer
*
 AMD Radeon RX480, Kartu Grafis Berteknologi VR yang Seharga Smartphone 4G LTE

Hal senada juga disampaikan Dr. Lisa Su, Presiden dan CEO AMD, menjelaskan bahwa Kolaborasi antara AMD dan Alibaba Cloud memanfaatkan teknologi kelas dunia dan kemampuan software teknik dari kedua perusahaan. “Ini untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk standar solusi komputasi GPU yang memungkinkan layanan awan lebih mendalam dan intuitif,” kata Lisa.

Ia menambahkan bahwa bekerja sama dengan para pemimpin industri seperti Alibaba Cloud membantu memastikan investasi AMD dalam membuat grafis berkinerja tinggi dan produk komputasi datacenter terus menyelaraskan dengan kebutuhan pasar cloud yang lebih luas.

Sebagai informasi, untuk layanan berbasis cloud terutama dikalangkan B2S dalam hal ini Alibaba Cloud menghadirkan layanan Single Root Input / Output Virtualization (SR-IOV) yang menampilkan teknologi server AMD Radeon Pro.

Dalam perhelatan tersebut juga diperlihatkan demo penggunaan 2x GPU Radeon FirePro S7150 yang menampilkan AMD Multi-user GPU (MxGPU) yakni teknologi virtualisasi server berbasis hardware. Satu-satunya solusi untuk industri yakni teknologi GPU virtualisasi-hardware, yang menyediakan tingkat layanan terjamin dan meningkatkan keamanan untuk remote workstation, cloud gaming, cloud computing, dan implementasi Virtual Desktop Infrastructure (VDI).

Selain itu juga, ditampilkan demo perangkat virtual reality (VR) yang didukung oleh grafis AMD Radeon VR readt Premium yang memiliki kekuatan, namun tetap mampu melakukan efisiensi energi grafis dari Polaris AMD.