ArenaLTE.com – Adopsi jaringan 4G LTE Advanced sudah jamak kita dengar, pasalnya ini adalah terusan dari teknologi LTE standard, LTE-A bisa juga disebut sebagat teknologi di generasi 4.5G. Di Indonesia dan negara-negara lain, penggelaran 4G LTE-A dioptimalkan di wilyah urban dengan potensi ekonomi tinggi pada penggunanya. Namun ada kabar unik dari Jepang yang justru punya rencana yang tergolong spektakuler. Operator seluler NTT DoCoMo berencana untuk menggelar jaringan 4G LTE-A di puncak gunung tertinggi di Jepang, yakni Gunung Fuji yang terletak di sebelah barat Kota Tokyo.

Gunung Fuji punya puncak dengan ketinggian 3.776 meter. Langkah NTT DoCoMo tentu mendapat sambutan positif dari banyak kalangan, terutama sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi seluler di area yang tak biasa. Sektor pariwisata dipercaya akan menikmati keuntungan maksimal dari adanya LTE-A di ketinggian diatas awan ini.

Seperti dikutip dari Telecomasia.net, operator seluler terbesar di Jepang ini akan menyediakan akses LTE-A dengan kecepatan downlink maksimum 375 Mbps serta layanan 3G selama musim pendakian mulai 10 Juli 2016. NTT DoCoMo juga akan menawarkan downlink maksimum 337,5 Mbps di empat rute yang paling banyak digunakan, yakni di puncak Gunung Fuji pada ketinggian 3.776 meter, puncak Subashiri, Gotemba, Fujinomiya dan jalur Yoshida.

Tidak sebatas koneksi 4G LTE-A, NTT DoCoMo juga akan menggelar hotspot Wi-Fi di beberapa kabin yang terdapat lereng gunung, dan menyediakan tablet di beberapa kabin yang mendukung video streaming, terjemahan aplikasi Hanashite Hon’yaku dan layanan mobile VAS (Value Added services).

ntt-docomo

“Ke depan, DoCoMo akan terus memastikan bahwa Gunung Fuji akan menjadi lokasi pendakian yang nyaman untuk pendaki dan wisatawan, semua bisa menikmati layanan mobile berkualitas tinggi sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan kualitas komunikasi mobile diseluruh wilayah Jepang,” kata juru bicara NTT DoCoMo dalam sebuah pernyataan.

Gunung Fuji sampai saat ini terdaftar sebagai peringkat gunung ke-35 tertinggi di dunia, dan area wisata di Gunung Fuji telah disahkan oleh UNESCO sebagai sebuah warisan budaya dunia.