ArenaLTE.com – Setiap pembaruan sistem operasi yang dikembangkan oleh para produsen, dapat dipastikan akan memberikan tambahan fitur baru. Seperti halnya penambahan ikon emoji berkarakter, yang memang digunakan untuk mewakili perkataan dalam obrolan yang ditanamkan dalam sebuah keyboard. Namun sayang, tak sedikit emoji baru sekarang hadir dengan gambar aneh.

Beberapa ikon emoji hadir dengan bentuk gambar yang sedikit unik, meski beberapa kalangan mengira hal tersebut adalah suatu yang wajar. Tetapi, terkadang pesan melalui emoji tersebut bisa diartikan berbeda, karena tak sedikit juga pengguna mengira ikon tersebut adalah gambar penghinaan.

Seperti dilansir dari Independent, Senin (14/9/2015), diungkapkan bahwa beberapa produsen telah memperbarui sistem operasi mereka, yang tentu saja bersamaan dengan kehadiran fitur baru. Salah satu yang saat ini paling unik dibicarakan adalah fitur emoji, fitur yang bisa ditemui dengan mudah melalui keyboard virtual yang dibawa pihak pengembang.

Namun, vendor dan emoji terbaru apa sajakah yang dibawa oleh para pengembang atau produsen tersebut dalam keyboard virtual kembangannya.

Apple

Produsen gadget asal Amerika ini memang paling kontroversial di industri telekomunikasi, bukan hanya tentang harga banderol perangkat terbarunya saja yang super mahal. Namun, vendor ini juga kerap kali menghadirkan emoji terbaru yang cukup kontraversi, hadir bersamaan dengan pembaruan OS kembangannya.

Dalam sistem operasi iOS versi 9.1, Apple Inc dikabarkan telah kembali memuat sebuah emoji yang cukup kontraversi. Ikon karakter tersebut kini muncul dengan sebuah ikon jari tengah dengan tangan yang mengepal, persi seperti orang yang sedang menghujat (F***).  Hal ini juga tercatat sebagai kedua kalinya sang produsen menghadirkan polemik emoji.

Sebelum versi emoji jari tengah ini muncul, ikon emoji gambar lainnya juga cukup ramai dibicarakan karena mengandung makna ganda adalah ikon pria bergandeng tangan. Beberapa pihak mengklaim bahwa emoji itu adalah dukungan Apple terhadap kaum gay, dan dianggap bertentangan dengan nilai sosial yang ada saat ini.

Microsoft

Selain Apple, perusahaan lain yang juga dikabarkan memiliki emoji unik adalah Microsoft. Perusahaan perangkat lunak yang baru mengakuisisi Nokia Smartphone ini, diklaim memiliki ikon emoji baru yang cukup kontroversial yang sama dengan yang dimiliki dalam iOS 9.1

Tentu tak lain emoji tersebut adalah ikon jari tengah, hanya milik Microsoft terbaru hadir dengan aksen yang sedikit berbeda. Perusahaan menghadirkan ikon jari tengah ini dengan banyak varian warna kulit, seperti halnya hitam, cokelat, putih, dan lainnya.

Ikon tersebut diungkapkan hadir dalam keyboard virtual pada Windows 10, emoji jari tengah yang memiliki makna ganda namun lebih condong pada hujatan kepada lawan bicara.

Facebook

Perusahaan jejaring sosial ini, menjadi perusahaan pertama yang paling diprotes oleh banyak penggunaannya. Pasalnya, perusahaan mengeluarkan sebuah emoji dengan karakter wanita gemuk, sehingga ikon ini dianggap merendahkan kaum wanita terutama yang berbadan besar, ups!

Emoji yang dinamakan feeling fat ini, diklaim hadir untuk mewakili ungkapan atas obrolan wanita yang merasa dirinya gemuk sesuai dengan nama emoji itu sendiri. Namun sayang, berbeda dengan maksud dari perusahaan, melalui petisi dari banyak pengguna di ranah dunia maya. Emoji itu telah diminta untuk dihapus karena dianggap meremehkan golongan wanita gemuk.

Emoji gendut dengan karakter wanita pipi tembam dan dagu ganda, sempat menjadi rumor panas pada Maret lalu karena ikon kontraversi yang dianggap terlalu merendahkan. Dan kini akhirnya, pengguna meminta emoji ini dihapus segera dari fitur komen maupun update status jejaring sosial.