ArenaLTE.com – Pertumbuhan teknologi ponsel yang kian canggih, memaksa banderol smartphone ikut meningkat. Namun sayangnya, hal tersebut tidak sejalan dengan kemampuan daya beli masyarakat yang justru menginginkan harga yang lebih terjangkau. Beberapa smartphone terbaik Rp2 jutaan ke bawah justru lebih diminati pengguna, meski spesifikasi yang dimiliki tidak terlalu tinggi.

Menelusuri penjualan ponsel yang berada di sekitar Jakarta Barat, di area di Roxy Mas, Kamis (6/8/2015), para penjaga toko mengungkapkan bahwa smartphone dengan harga kisaran Rp2 jutaan dan di bawahnya lebih diminati dibanding dengan smartphone di kelas tinggi.

Berikut ponsel di level harga di bawah Rp2 jutaan yang cukup lari diincar pembeli di Roxy Mas.

Samsung Galaxy J1

Menurut penjaga toko Roxy Mas, Samsung Galaxy J1 masih menjadi andalan pihaknya karena barang tersebut memang lebih laris dibanding lainnya. Diungkapkan juga oleh pihak toko, Galaxy J1 yang hadir secara global beberapa bulan lalu, diklaim sebagai smartphone terbaik kelas menengah yang cukup menopang aktivitas pengguna kelas bawah.

Ponsel yang dibanderol sekira Rp1,6 jutaan ini, hadir dengan dimensi layar 4,3 inci dengan dukungan resolusi 800 x 480 piksel dan kerapatan sebesar 217ppi. Serta hadir dengan persenjataan prosesor dual Core 1,2GHz Cortex A7, memori RAM 512MB dengan penyimpanan seluas 4GB.

Sedangkan untuk bagian fitur kamera, dibekali dengan resolusi sebesar 5MP bagian utama serta kamera depan resolusi 2MP. Kemampuan rekam diklaim cukup besar oleh vendor, yakni memiliki kemampuan mencapia 720p atau sekira @30 frame per second (fps).

Samsung Galaxy Ace 4

Di baris kedua yang masuk dalam ponsel laris lainnya adalah Samsung Galaxy Ace 4, ponsel kelas menengah yang diungkapkan juga cukup laris diinginkan. Untuk seri ini, dibanderol sekira Rp1,3 jutaan yang memang banyak diminati oleh semua pengguna.

Samsung Galaxy Ace 4 hadir dengan dukungan dimensi layar 4 inci, serta memiliki dukungan resolusi layar 800 x 480 piksel dengan kerapatan mencapai 233ppi. Pada bagian dapur pacu, smartphone Android KitKat ini hadir dengan prosesor  Dual Core kecepatan 1GHz dan memori RAM kapasitas 512MB. Sedangkan pada bagian memori penyimpanan, dibenamkan kapasitas 4GB internal yang dapat diekspansi hingga 64GB melalui memori eksternal Slot Micro SD hingga 64GB.

Untuk bagian kamera, Galaxy Ace 4 hadir dengan dukungan kamera utama resolusi 5MP serta kamera bagian depan mencapai 2MP. Tak ada fitur istimewa dalam perangkat, namun diungkapkan bahwa sistem bisa membuka Webt berbasis HTML 5 sehingga situs basis flash bisa terbuka dan berjalan dengan baik tanpa perlu aplikasi dukungan tambahan.

Asus Zenfone 5

Langkah yang bisa dibilang tepat bagi Asus dengan menghadirkan keluarga seri ponsel Zenfone, hal tersebut terbukti dengan larisnya Zenfone 5 di pasaran Roxy Mas. Banyak toko ponsel sekitar yang membanderol di kiraan harga Rp1,8 hingga Rp2 jutaan, harga yang cukup diminati oleh banyak pelanggan pecinta ponsel Tanah Air.

Meski telah hadir seri kedua ponsel dengan nama Zenfone 2, namun kehadiran Zenfone 5 ternyata tetap banyak diminati sehingga menjadi salah satu smartphone terbaik andalan Asus. Menurut penjaga toko Roxy Mas, Anita, menyebutkan bahwa spesifikasi yang ditawarkan Asus cukup menggoda para penggila gadget ditambah harganya yang terjangkau.

Spesifikasi untuk Asus Zenfone 5 sendiri hadir dengan dukungan layar 5 inci dan resolusi HD 720p, serta penggunaan panel Gorilla Glass 3 yang memang mampu memberikan ketahanan dari goresan ringan benda tumpul. Lainnya adalah dapur pacu dari prosesor Intel Atom Z2580 Dual Core yang memiliki kecepatan 2GHz, diklaim mampu mengelola OS Android Lollipop lebih lancar.

Pada fitur multimedia yang diberikan juga bisa dibilang cukup baik, seperti kamera utama yang mencapai 8MP dengan dilengkapi beberapa fitur pengambilan foto autofokus dan LED Flash. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 2MP untuk mendukung aktivitas foto selife.

Sony Xperia E4

Pilihan lain yang diungkapkan juga turut menjadi produk yang laris adalah Sony Xperia E4, ponsel pintar kembangan produsen Jepang yang dibanderol sekira Rp1,9 jutaan. Harga yang diklaim cukup terjangkau untuk ponsel di kelas menengah dan banyak diminati oleh konsumen Tanah Air.

Seri Xperia E4 hadir dengan dimensi layar 5 inci dan dukungan resolusi 960 x 540 piksel, seta memiliki kerapatan piksel mencapa 220ppi. Didukung dengan prosesor Quad Core 1,3GHz Cortex A7 Mediatek, serta memori RAM kapasitas 1GB. Sedangkan pada bagian memori penyimpanan menggunakan luas 8GB yang dapat diekspansi melalui slot Micro Sd hingga 32GB.

Untuk fitur kamera, Sony membenamkan sensor sebesar 5Mp dengan beberapa fitur andalan, selain itu juga ada kamera depan yang memiliki resolusi 2MP yang diklaim mampu merekam video HD 720p. Sedangkan untuk sistem operasi, menggunakan OS Android 4.4 KitKat.