ArenaLTE.com – Ada dua jenis memori yang ada dalam smartphone saat ini, salah satunya adalah memori pembantu pengolah sistem (RAM) dan lainnya adalah memori penyimpanan internal (ROM). Kapasitas kedua memori memiliki keuntungannya sendiri, meski tak bisa dipungkiri hal tersebut juga jadi pengaruh kunci kesuksesan produk smartphone memori besar laris di pasaran.

Menelusuri wilayah pertokoan Roxy Mas, di Jakarta, Kemarin. Beberapa toko menyebutkan bahwa kapasitas penyimpanan besar diperlukan, karena terkadang beberapa ponsel tidak dilengkapi dengan slot Micro SD untuk menambah kapasitas yang lebih besar.

Berikut jajaran smartphone dengan memori penyimpanan besar yang masuk Indonesia.

Samsung Galaxy S6 Edge 64GB

Di jajaran ponsel kelas atas yang dimiliki Samsung, Galaxy S6 Edge adalah salah satu nama seri yang paling sering disebut sebagai ponsel premium terbaik. Bukan hanya karena memiliki layar tambahan yang berada di sisi ponsel, namun juga fitur unggulkan laiinnya yang membuatnya berbeda. Salah fitur unggulan lain itu adalah ini merupakan smartphone memori besar yang kapasitasnya 64GB.

Spesifikasi yang ada pada galaxy S6 Edge adalah penggunaan dimensi layar yang mencapai 5.1 inci dengan dilengkapi teknologi layar Super AMOLED. Selain itu juga hadir dengan dapur pacu yang cukup gahar, seperti halnya dua prosesor Quad Core yang memiliki kecepatan berbeda, 1,5GHz dan 2GHz. Untuk harganya sendiri, seri ini dibanderol sekira Rp 9 jutaan.

Samsung Galaxy S6 Edge Plus 64GB

samsung-galaxy-s6-edge-plus

Seperti halnya Apple, Samsung juga menerapkan nama berbeda dengan menyelisihinya pada pemakaian dimensi layar yang lebih besar pada Galaxy S6 Edge Plus. Pada seri ini, perusahaan asal Korea ini membuatnya dalam ukuran 5,7 inci, memang tidak begitu besar dengan selisihnya. Namun, dengan fitur dua layar, tentunya perbedaan ini cukup memberikan akses yang lebih luas di layar tambahan tersebut.

Perbedaan ukuran layar tidak serta merta menjadikannya beda nama, harga juga sepertinya turut terpengaruh atas perbedaan tersebut. Galaxy S6 Edge Plus saat ini dibanderol seita Rp 10 jutaan, namun tidak memiliki perbedaaan yang signifikan terhadap spesifikasi hardware yang digunakan pada perangkat.

Asus Zenfone 2 Deluxe 256GB

Asus zenfone deluxe 2

Bukan hanya desainnya yang membuatnya berbeda dari keluarga seri Zenfone lainnya, seri terbaru ini juga hadir membawa perubahan yang cukup besar pada bagian dapur pacu. Ini merupakan smartphone memori besar andalan Asus. Selain dihias dengan memori RAM yang mencapai 4GB, pilihan penyimpanan juga disediakan dalam kapasitas varian 256GB. Namun sayang, untuk mendapatkan seri ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 6 jutaan.

Di level harga tinggi tersebut dan dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, memang cukup sebanding. Seperti halnya prosesor Intel Moorefield 64-Bit dengan kecepatan 2,3GHz, serta RAM yang mencapai 4GB untuk membantu mengolah OS Android Lollipop dengan sangat baik. Sedangkan pada bagian kamera, dibenamkan resolusi utama 13MP dan kamera depan yang mencapai 5MP.

Asus Zenfone 2 Deluxe 128GB

asus zenfone 2 deluxe

Selain varian kapasitas penyimpanan 256GB, pilihan lain yang ditawarkan Asus adalah kapasitas penyimpanan 128GB. Besaran penyimpanan internal yang lebih kecil, dan tentu saja turut juga mempengaruhi harganya yang dibanderol lebih murah sekira Rp 4 jutaan.

Untuk spesifikasi tidak ada yang berbeda antara kedua varian kapasitas tersebut, karena seri ini juga sama didukung dengan prosesor Intel Moorefield 64-Bit serta RAM kapasitas 4GB. Pada bagian kamera pun resolusi yang ditanamkan adalah 13MP, sedangkan kamera depan 5MP.
Baca: Review Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition, Desain Premium, Memori Internal 128GB

iPhone 6S 128GB

Layar 3d touch di iPhone 6s

Dirilis pada kuartal akhir 2015 lalu, Apple sepertinya begitu percaya diri bahwa iPhone 6S akan laris di pasaran Tanah Air meski dibanderol dengan harga tinggi. Dibanderol mencapai Rp 11 jutaan, bukan sekedar menawarkan spesifikasi dan nama ‘besar’ Apple saja, namun di level harga ini varian kapasitas penyimpanan yang diberikannya besar mencapai 128GB.

iPhone 6S hadir dengan layar retina display yang sudah dibenamkan teknologi 3D touch, serta berukuran 4,7 inci. Kecanggihan layar dalam menampilkan warna yang mencapai kerapatan piksel 326ppi, memang cukup diacungi jempol. Belum lagi pengolahan sistem navigasi menu dan aplikasi yang sudah diakui banyak pengguna, tidak ada lag yang diberikan.

iPhone 6S Plus 128GB

iphone 6s dan iphone 6s tahan air

Berbeda dari seri kandungnya, seri iPhone 6S Plus memiliki dimensi layar yang sedikit lebih lebar, yakni mencapai 5,5 inci dengan kerapatan piksel sebesar 401ppi. Teknologi yang digunakannya pun masih sama, hanya perbedaan dimensi tersebut menjadikannya lebih mahal yang dibanderol sekira Rp 13 jutaan. Harga yang tentu sangat mahal, namun tawaran kapasitas penyimpanan 128GB menjadi hal yang patut diperhitungkan.

Perbedaan lain yang juga cukup mencolok adalah pada kapasitas baterai, seri iPhone 6S plus kabarnya mampu digunakan lebih lama 1 jam dibanding seri kandungnya tersebut. Penggunaan secara full time dengan pemakaian standar, seri ini diklaim mampu bertahan hingga 12 jam dalam konektivitas jaringan radio yang aktif.