ArenaLTE.com – Ponsel Android branded atau yang dikeluarkan dari merek global terkemuka masih lebih diminati oleh pengguna terutama kalangan muda. Karena kualitas dan layanan purna jual yang dianggap lebih terjamin serta alasan kebanggaan ketika memakainya.

Namun ketika budget yang dimiliki terbatas, pembeli harus lebih jeli. Terlebih jika harganya di bawah IDR 1 jutaan, sedikit ponsel Android branded yang ada di pasar. Karena di sinilah ponsel lokal lebih memainkan peran dengan bermain di kelas low end. Jika dikomparasi secara spesifikasi teknis, biasanya ponsel lokal lebih tinggi dibanding global. Meski demikian, tak sedikit yang tetap memilih ponsel Android branded dengan alasan lebih baik kualitas dan lebih awet. Berikut kami rekomendasikan, jajaran ponsel Android branded di bawah 1 jutaan yang cocok untuk anak muda dengan budget terbatas.

Samsung Galaxy Y Neo Duos

Samsung Galaxy Y Neo Duos

Di Tanah Air, nama Samsung masih cukup dikenal dan dipercaya sebagai produsen ponsel Android pertama yang banyak peminatnya. Hingga saat ini, sudah banyak ponsel basis Android yang dihadirkannya dalam beragam level harga, termahal, menengah, dan ponsel terjangkau seperti halnya Galaxy Y Neo Duos. Dibanderol dengan harga Rp 600 ribuan, menjadikannya ponsel rekomendasi pertama yang kami ajukan untuk pengguna pemula.

Namun sayang, janga berharap lebih dengan spesifikasi yang dimiliki Galaxy Y Neo Duos. Di dalamnya hanya diisi dengan dukungan seadanya, seperti penggunaan layar yang hanya menggunakan dimensi 3 inci. Serta CPU yang hanya memiliki kecepatan 850MHz dan RAM sebesar 512MB, juga persenjataan kamera utama sebesar 2MP.

LG D170

LG D170

Dibawah brand Samsung, tentunya untuk brand lainnya yang juga cukup akrab di kuping masyarakat Tanah Air adalah LG. Melalui seri LG D170 atau yang lebih dikenal dengan L40 dual, ponsel pintar ini ditawarkan dengan harga bersahabat yang dibanderol sekira Rp 700 ribuan.

Seperti halnya smartphone di kelasnya, LG L40 dual ini hadir dengan spesifikasi yang tidak berbeda jauh, yakni menggunakan dimensi layar 3,5 inci dengan panel LCD IPS. Serta dukungan prosesor, prosesor Dual Core MSM8210 yang juga memiliki memori RAM 512MB. Sedangkan untuk kamera, dipersenjatai dengan kekuatan lensa sebesar 3.15MP.

LG E445

LG E445

Jika ukuran layar 3.5 inci dirasa memang tidak mencukupi kebutuhan Anda, satu nama seri diatasnya ini yang dilabelkan dengan kode E445 atau L4 Dual bisa menjadi pertimbangan yang baik. Saat ini, seri ini dibanderol dengan harga sekira Rp 800 ribuan yang juga menyediakan dua slot SIM card GSM.

Pada bagian dapur pacunya, diisi dengan prosesor standar yang hadir dengan kecepatan 1GHz dan memori RAM kapasitas 512MB. Sedangkan pada bagian penyimpanan internal, dihadirkan kapasitas penyimpanan 4GB yang bisa diekspansi hingga besaran 32GB melalui slot micro SD. Untuk urusan kamera, LG melengkapi seri ini dengan resolusi 5MP dan LED flash pada bagian utama.

LG E455

LG E455

Di level harga sedikit lebih tinggi lainnya, seri E455 adalah produk yang menjadi rekomendasi dari LG bagi pengguna pemula yang ingin mendapat ponsel Android Rp 900 ribuan. Seri  yang dikenal dengan nama L5 Dual di pasaran ini, didukung juga dengan dua slot SIM card jenis GSM yang bisa diaktifkan bersamaan.

Spesifikasi lainnya adalah dimensi layar yang sudah 4 inci dengan panel LCD IPS, serta dukungan prosesor 1GHz dari Mediatek. Untuk urusan memori, sudah dibenamkan dengan kapasitas RAM 512MB serta memori penyimpanan yang sebesar 4GB. Sedangkan pada bagian kamera, menggunakan resolusi utama sebesar 5MP dengan fitur autofokus dan LED flash.

Lenovo A1000

Lenovo A1000

Meski masih masuk dalam daftar keluarga ponsel asal China, namun kepopuleran Lenovo membuatnya cukup pantas disejajarkan dengan ponsel branded lainnya. Seri yang pantas direkomendasikan untuk pengguna pemula dengan budget yang rendah, adalah Lenovo A1000 yang saat ini hanya dibanderol sekira Rp 900 ribuan.

Untuk urusan dapur pacu, Lenovo A1000 hadir dengan dukungan dimensi layar 4 inci, serta resolusi layar 480×800 piksel. Seri ini juga diungkapkan sudah hadir dengan dukungan sistem operasi Android terbaru, Lollipop serta prosesor Quad Core kecepatan 1.3GHz dan GPU Mali 400.  Sedangkan pada bagian kamera menggunakan resolusi mencapai 5MP, pada bagian utama dengan tambah LED flash untuk penambahan cahaya.

Lenovo A319

Lenovo A319

Selain seri diatas, Lenovo juga memiliki seri lainnya yang dibanderol dengan harga sekira Rp 800 ribuan, yang dibekali dengan nama seri Lenovo A319. Namun sayangnya, sistem operasi yang didukungnya berbeda dari yang disebutkan diatas, seri ini membawa dukungan OS Android KitKat 4.4.

Lenovo A319 dibekali dengan prosesor  Dual Core kecepatan 1,3GHz, serta memori RAM yang hanya mencapai kapasitas 512MB. Sedangkan pada bagian penyimpanan, hadir memori internal sebesar 4GB yang dapat diekspansi melalui slot micro SD hingga 32GB. Selain itu, seri ini juga dibekali dengan kamera utama yang hanya mengandalkan kekuatan lensa sebesar 5MP pada bagian utama, serta kamera depan yang sebesar 2MP.