Smartfren kini merupakan satu-satunya operator CDMA yang masih eksis. Strategi perusahaan dengan lebih fokus di layanan data terbukti manjur. Memperkuat posisinya sebagai operator seluler berbasis layanan data, merekapun mengisinya dengan berbagai fitur yang memanfaatkan akses internet, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi SmartCall Smartfren.

SmartCall adalah sebuah aplikasi berbasis VoIP (Voice Over Internet Protocol) buah kerjasama Smartfren Telecom dengan One Horizon Group yang telah diluncurkan pada akhir Mei yang lalu di Batam. SmartCall Smartfren berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya karena bisa dipergunakan untuk menelpon ke operator GSM dan CDMA dan juga memiliki nomor virtual.

Brian Collins, pendiri dan CEO dari One Horizon, mengatakan pihaknya bangga bekerjasama dengan Smatfren, terlebih ini merupakan peluncuran layanan SIM Virtual yang pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi mobile-VoIP revolusioner. “Pengguna smartphone di Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari aplikasi SmartCall ini. Tinggal download, isi pulsa, beli paket bicara dan anda memiliki nomor telepon prabayar untuk menelepon dan sms siapa saja. Layanan ini merupakan inovasi besar dalam panggilan suara bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujas Brian.

Saat pengguna baru menginstall SmartCall Smartfren, akan langsung mendapatkan nomor virtual yang bisa bekerja tanpa simcard. Nomor virtual ini dapat diisi pulsa dan dipergunakan diseluruh dunia. Dimanapun mereka berada tetap dapat terhubung dengan menggunakan nomor virtual SmartCall ini.

Tarif melakukan panggilan dengan SmartCall ini sangat hemat yaitu pengguna hanya membeli paket telpon Rp.100.00 untuk 100 menit, dan hanya dikenakan Rp.150 untuk sekali sms. Jika pengguna melakukan panggilan ke sesama pengguna aplikasi SmartCall, maka tidak akan dikenakan biaya atau gratis. Pengalaman berbeda dirasakan pengguna ketika berada di luar negeri dan menerima panggilan dengan operator regular, pengguna dikenakan biaya roaming internasional, namun dengan SmartCall menerima panggilan dari tanah air sudah bebas roaming internasional.

SmartCall Smartfren diharapkan menjadi solusi bagi mereka yang kerap bepergian atau berada di luar negeri dalam waktu yang lama tapi ingin tetap dapat terhubung dengan keluarga atau rekan mereka di tanah air. Pengguna tidak perlu khawatir dengan kualitas suara saat melakukan panggilan menggunakan SmartCall.

Hermansyah, Head of Service Management and Development Smartfren Telecom, menambahkan bahwa aplikasi ini juga menyuguhkan kualitas suara high definition (HD) sehingga pengguna bisa bertelepon dengan suara jernih dibanding saat bertelepon reguler. “Untuk saat ini pengguna bisa mendapatkan aplikasi Smartcall di Google Play Store. Untuk pengguna perangkat iOS, kami akan meluncurkannya secepat mungkin,” tambah Hermansyah.