Wearable device seperti fitness tracker dan smartwatch memang belum begitu mewabah dan akrab dengan keseharian kita. Tapi proyeksi Gartner mencatat setidaknya akan ada penjualan sekitar 274,6 juta unit wearable device di seluruh dunia di 2016. Atau meningkat sekitar 18,4 persen dari tahun lalu. Menghasilkan pendapatan sekitar 28,7 miliar dolar AS, dimana sekitar 11,5 miliar dolar AS disumbang dari smartwatch.
Menurut direktur riset Gartner, Angela McIntyre, smartwatch memiliki potensi pendapatan terbesar dibanding wearable device lain. Meski tingkat adopsinya masih tetap ada di bawah penjualan smartphone. Ia mencontohkan, bahwa lebih dari 374 juta smartphone bakal dijual di pasar yang sudah dewasa dan pasar yang masih berkembang di kawasan urban. Sehingga selisih alias gap dua perangkat ini mencapai 100 juta unit.
Di masa mendatang, smartwatch bisa menarik minat konsumen berkat bentuknya yang estetis serta fungsinya yang melimpah. Di sisi lain, fitness wearable (wristband, garment, chest strap, sports watch dan lain-lain) juga sudah mulai menuai popularitas di AS.
Sementara terkait pasar virtual reality yang tengah bertumbuh, Brian Blau dari Gartner menuturkanika head-mounted displays (HMD) akan mulai diadopsi secara mainstream tahun ini. Berkat kehadiran produk seperti HTC Vive, Oculus Rift, PlayStation VR dan MS HoloLens.
Berikut forecast dari Gartner untuk wearable device di seluruh dunia (dalam juta unit)
Device | 2015 | 2016 |
Smartwatch | 30.32 | 50.4 |
Head-mounted display | 0.14 | 1.43 |
Body-worn camera | 0.05 | 0.17 |
Bluetooth headset | 116.32 | 128.5 |
Wristband | 30.15 | 34.97 |
Smart garment | 0.06 | 1.01 |
Chest strap | 12.88 | 13.02 |
Sports watch | 21.02 | 23.98 |
Other fitness monitors | 21.07 | 21.11 |
Total: | 232.01 | 274.59 |