ArenaLTE.com - Isu baru mengenai akan dihapusnya Google Hangouts pada beberapa waktu ke depan kembali berhembus. Kali ini, sumber informasi baru menyebutkan bahwa Hangouts akan dihapus selamanya oleh Google dalam dua tahun ke depan, hal ini bisa kemungkinan akan terjadi pada 2020. Perusahaan akan menghapus aplikasi Hangouts dan dikabarkan akan digantikan dengan aplikasi baru.

Belum diinformasikan secara detail perihal aplikais pengganti Hangouts yang akan dihadirkan perusahaan. Dalam menyisir laman 9to5google, disebutkan jelas bahwa Hangouts akan digantikan dengan aplikasi baru pada 2020. Sumber informasi juga menyebutkan bahwa Hangouts akan kemungkinan menjadi layanan berbisnis, bukan untuk konsumen biasa.

Sumber informasi mengungkapkan bahwa konsumen yang tidak memiliki izin penggunaan dari Google, merupakan pengguna non bisnis pada 2020 mendatang. Hangouts akan dihapus permanen sehingga tidak bisa lagi digunakan oleh pengguna biasa, namun bisa menggunakan aplikasi penggantinya yang kabarnya tengah dalam tahap pengembangan.

Hangouts akan diganti dengan aplikasi berbasis messagging lainnya yang kemungkinan akan berbasis RCS atau Rich Communication Services, sebuah layanan pesan standar untuk ekosistem Android. Aplikasi ini adalah pilihan baru bagi pengguna Android atau Google di 2020 mendatang, pasca penghapusan permanen layanan Hangouts oleh perusahaan internet raksasa ini.

Hal ini juga sepertinya telah dipertegas Google yang mengumumkan isyarat baru perihal fitur Chat RCS dalam aplikasi messaging Android. Bahkan disebutkan perusahaan bahwa aplikasi baru ini telah mendapatkan dukungan dari banyak operator. RCS diklaim memiliki keunggulan lebih dari Hangout, yang diungkapkan juga sebagai produk usang dan harus dihentikan.