ArenaLTE.com - Apple dikabarkan telah cukup serius untuk menghadirkan model iPhone atau iPad dengan desain lipat, hal ini terlihat dari turunnya dokumen paten dari USPTO. Badan Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat ini, dikabarkan telah mengeluarkan dokumen paten untuk perusahaan Apple. Dokumen yang berjudulu ‘Perangkat elektronik dengan tampilan fleksibel’ kabarnya baru diturunkan pasca pengajuan yang dilakukan pada beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, dokumen paten ini diajukan pada 8 Juni 2016 lalu yang menyebutkan permintaan paten akan desain tampilan transparan dan melengkung di bagian tengah. Hal ini menunjukkan bahwa desain perangkat, terutama pada bagian layar bisa dilipat namun memiliki ceruk yang menipis dibagian tampilan tersebut.

Untuk membuat desain fleksibel tersebut, kabarnya Apple menggunakan teknologi liquid dan beberapa bahan pendukung. Dalam paten bernomor US10.020.462 yang diajukan perusahaan melalui kredit ke Jiang Ai, Erik A dan Soyoung Kim, mengungkapkan bahwa bahan pendukung itu adalah elastomer dan cairan ditambah bahan lainnya.

Selain dokumen, hal lain yang menguatkan akan adanya iPhone lipat ini adalah ungkapan dari analis Merrill Lynch Wamsi Mohan pada Maret lalu. Dirinya menyatakan bahwa Apple tengah bekerja untuk memproduksi iPhone lipat untuk dirilis pada 2020. Hal ini pun sejalan dengan berita yang mengungkapkan bahwa Apple tengah menggandeng LG untuk mendapatkan panel OLED dan papan sirkuit lipat yang akan digunakan untuk produksi.

Bukti dokumen paten yang dikeluarkan USPTO pun semakin menguatkan rumor yang beredar dari tahun lalu mengenai kerjasama dengan LG sudah berhembus sejak Oktober 2017, mengenai iPhone lipat. Dan Apple pun digadangkan akan semakin menjadi perusahaan yang paling kuat dan bergengsi di industri smartphone jika memang benar memiliki produk ini di pasaran.