Awas! Scammer Manfaatkan Aplikasi Google Kalender Curi Rekening Bank

ArenaLTE.com - “Banyak jalan menuju Roma,” sepertinya inilah peribahasa yang digunakan oleh para scammer atau penjahat siber untuk mencuri rekening akun Bank seorang dari smartphonenya. Melihat ada aplikasi anti virus dan pencegahan masuknya aplikasi jahat dari Google, membuat para scammer menggunakan cara lain untuk menipu calon mangsanya.

Mengutip dari laman Wired, diungkapkan bahwa para scammer kini menggunakan cara baru dengan memanfaatkan aplikasi kalender Google. Para penjahat siber ini menggunakan pengaturan default dari aplikasi tersebut, salah satunya adalah memanfaatkan fitur pengingat bahkan dibuat otomatis dengan membuat undangan dalam jadwal yang bisa dikirimkan kapanpun ke pemilik perangkat.

Scammers menggunakan fitur ini dalam upaya untuk mendapatkan informasi perbankan pribadi pengguna, nomor jaminan sosial atau data pribadi penting lainnya yang dapat digunakan untuk menyedot uang dari rekening bank atau broker.

Mereka menambahkan undangan ke akun Kalender Google yang mengirimi pengingat yang mencatat bahwa Anda memiliki transfer ke rekening bank yang memerlukan lebih banyak informasi untuk diisi, seperti nomor PIN rekening bank. Sistem pengingat mungkin juga bisa muncul untuk mengatakan Anda telah memenangkan kontes tetapi aturan mengharuskan Anda untuk melaporkan nomor jaminan sosial Anda untuk mengumpulkan hadiah. Ada tautan atau link yang dikirim untuk Anda isi tentang informasi pribadi di dalamnya.

Para  penjahat siber ini dapat membuat pemberitahuan ini muncul beberapa kali hingga tombol tautan ditekan, atau undangan dihapus. Dan karena pemberitahuan ini berasal dari aplikasi Kalender Google tepercaya, scammers berharap bahwa pengguna tidak terlalu memikirkannya.

Namun jangan kuatir, Ada cara untuk menhindari tipuan ini dengan cepat. Dari browser desktop Anda, buka Google.com/calendar. Di sisi kanan atas layar, termukan ikon roda gigi. Klik di atasnya dan kemudian pilih Pengaturan. Dari sana, pilih pengaturan Genap. 

Di bawah opsi "Secara otomatis menambahkan undangan," ubah pengaturan menjadi "Tidak, hanya perlihatkan undangan yang telah saya balas." Kemudian gulirkan sedikit ke bawah ke bagian Lihat opsi dan hapus centang "Tampilkan acara yang ditolak." Lakukan langkah dengan mencegah undangan palsu muncul bahkan setelah Anda menolaknya.

Leave a Comment